Tiba di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Temui Awak Media
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tiba di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Sabtu, 10 Desember, sekitar pukul 11.10 WIB. Jenderal Listyo melakukan pengecekan akhir sebelum Presiden Jokowi tiba untuk akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Ia menegaskan persiapan itu telah dilakukan dengan baik dan matang sehingga berharap pengamanan yang diterapkan sepanjang acara bisa berfungsi secara maksimal.

"Insyaallah semuanya sudah disiapkan dengan baik, mudah-mudahan seluruh kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan pengamanan juga maksimal," tutur Listyo saat menyambangi media center.

Kepada media yang tidak diperkenankan masuk langsung ke area ijab kabul, Listyo memberikan penjelasan dan meminta maklum. "Supaya semua terpusat disini dapat makan, dapat fasilitas full termasuk internet. Hanya boleh disini, jadi semua terpusat di sini, nonton dari sini. Nantipun kalau ada doorstop ke pak Presiden akan di relay (arahkan) kesini. Jadi tidak akan ke area," ujarnya.

Listyo mengaku semuanya sudah dipersiapkan dengan baik dan berharap acara berjalan lancar.  "Mudah mudahan seluruh rangkaian dapat berjalan lancar dan pengamanannya juga maksimal di Royal Ambarrukmo Yogyakarta," harapnya. 

Prosesi akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dimulai dengan upacara adat Pasrah Tampi Calon Pengantin Putra pada pukul 12.30 WIB.

Dalam prosesi pasrah atau penyerahan calon pengantin putra yang bertugas sebagai juru bicara adalah Menteri PMK Muhadjir Effendy sebagai perwakilan calon pengantin putra. 

Lalu prosesi Tampi yakni prosesi menerima calon pengantin putra untuk dinikahkan, yang bertugas sebagai jubir adalah Mochamad Masyudi perwakilan dari calon pengantin putri. 

Lalu upacara akad nikah akan dilakukan pada pukul 13.15 WIB hingga 14.00 WIB. Calon pengantin putri menggunakan kereta kencana menuju pendopo agung Ambarrukmo.