Kunjungi Sultan HB X, Kapolri Bahas Keamanan di Daerah Istimewa Yogyakarta
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo usai menemui Gubernur DIY Sultan HB X di Yogyakarta, Jumat (3/3/2023) (ANTARA/Luqman Hakim)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menemui Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X membahas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Bicara-bicara ringan terkait dengan situasi kamtimbas," kata Listyo kepada awak media usai bertemu Sultan HB X selama 2 jam lebih di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta, DIY, Jumat 3 Maret, disitat Antara.

Listyo mengatakan jajaran Polri membutuhkan masukan dari berbagai pihak, termasuk Sultan HB X terkait tugas yang harus dilakukan sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

"Polri perlu mengambil langkah dan masukan terkait situasi serta tugas yang harus dilaksanakan sebagai pelindung dan pengayom masyarakat untuk mendukung kamtibmas dan lainnya. Hal-hal itu yang kami diskusikan dan minta masukan beliau (Sri Sultan)," tuturnya.

Sementara itu, Sultan HB X menuturkan permasalahan kamtibmas memang menjadi permasalahan nasional. Karena itu, menurut dia, diperlukan diskusi tidak sekadar di ranah pusat, tapi diperlukan masukan dari daerah, termasuk DIY.

Apalagi saat ini, DIY memiliki Jaga Warga yang bisa menjadi bagian penting bagi penjagaan keamanan dari desa.

"Kebetulan Kapolda DIY sering berdialog di kelurahan-kelurahan. Jadi harapan saya kekerasan sudah berkurang, biarpun ada yang terakhir (kasus kekerasan) di Titik Nol itu," tandasnya.