Polsek Astanaanyar Dinonaktifkan, Pelayanan Warga Sekitar Dialihkan ke Polrestabes Bandung
Kawasan depan Polsek Astanaanyar Bandung Jawa Barat tak lama setelah ledakan bom bunuh diri terjadi pada Rabu 7 Desember. (Antara)

Bagikan:

JABAR - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat (Jabar) mengatakan pelayanan kepolisian di Polsek Astanaanyar Kota Bandung dinonaktifkan sementara waktu.

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Ibrahim Tompo mengatakan pelayanan polisi untuk masyarakat Kecamatan Astana Anyar dialihkan sementara ke Polrestabes Bandung.

"Namun, di sana tetap ada anggota yang berjaga untuk mengarahkan masyarakat yang akan meminta pelayanan kepolisian. Kami arahkan ke Polrestabes," katanya di Bandung, Jawa Barat, Jumat 9 Desember.

Dia mengatakan saat ini Polda Jabar melakukan pemulihan trauma bagi masyarakat di sekitar Polsek Astanaanyar setelah ledakan bom bunuh diri terjadi pada Rabu 7 Desember.

Tompo bilang pemulihan trauma itu oleh tim yang terdiri atas polisi wanita atau polwan. Adapun lokasi polsek itu berada di Kelurahan Nyengseret, Kecamatan Astana Anyar, Kota Bandung.

"Ini dimaksudkan untuk membantu memberikan spirit kepada masyarakat dan juga mengembalikan kondisi normal di TKP tersebut," ujarnya.

Selain memulihkan trauma, menurut dia, anggota polwan itu pun menghimpun warga dan mengajak berkomunikasi untuk memperdalam suasana kebatinan warga.

Menurut dia, ada kondisi-kondisi tertentu yang dialami masyarakat di sekitar polsek setelah kejadian itu, terlebih lagi peristiwa itu menimbulkan dua korban meninggal, yakni pelaku dan seorang anggota polisi.

"Kami juga mengajak untuk melupakan kejadian yang terjadi pada saat peledakan tersebut," tandasnya.