Ketua KPK Cium Tangan Wapres Ma'ruf Amin Saat Acara Hakordia 2022
Foto Wardhany Tsa Tsia/VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mencium tangan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 pada hari ini, Jumat, 9 Desember.

Dilihat VOI, momen ini terjadi setelah keduanya membuka gelaran acara Hakordia 2022 secara simbolis. Awalnya, Ma'ruf Amin yang hadir di acara itu diminta untuk naik ke atas panggung.

Dia kemudian mengucap slogan Hakordia 2022, 'Indonesia Pulih Bersatu Berantas Korupsi'. Setelah itu, Ma'ruf menekan tombol yang menandakan kegiatan itu dimulai.

Setelah itu, Ma’ruf Amin menyalami satu persatu tamu undangan yang ada di panggung, tak terkecuali Firli. Di momen inilah, Firli membungkukkan badan dan mencium tangan mantan Rais Aam PBNU tersebut.

Usai acara pembukaan, Firli sempat dikonfirmasi soal momen cium tangan itu. Hanya saja, dia memilih tidak menjawab dan berlalu karena akan mengisi kegiatan lain.

KPK menggelar peringatan Hakordia 2022 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Kegiatan ini dihadiri sejumlah tamu undangan, seperti Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla.

Berikutnya hadir juga Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Yaqut Qholil Qoumas, Menkumham Yasonna Laoly, dan Mendikbud Nadiem Makarim.

Kemudian Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Wali Kota Bogor Bima Arya juga hadir dalam kegiatan tersebut.