Bagikan:

JAKARTA - Mantan politikus NasDem, Andi Irfan Jaya memaparkan alasan menyetujui ajakan Kaksa Pinangki Sirna Malasari untuk menemaninya bertemu Joko Tjandra di Kuala Lumpur, Malayasia. Salah satunya karena semua biaya perjalanan ditanggung oleh Pinangki.

Andi Irfan Jaya dihadirkan sebagai saksi dalam perkara dugaan gratifikaisi pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) dan suap penghapusan red notice untuk tersangka Joko Tjandra.

Terungkapnya alasan Andi Irfan Jaya berawal ketika jksa penuntut umum (JPU) melontarkan pertanyaan alasan Andi Irfan langsung menyetujui ajakan dari Pinangki. Padahal menurut jaksa, tidak lazim jika seseorang mengajak ke luar negeri tanpa ada alasan yang jelas.

"Kan ngga mungkin, langsung iya kan pasti tanya. Saudara tidak tanya?” ujar jaksa dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Desember. 

Andi Irfan menjawab dirinya tak menanyakan lebih jauh soal ajakan PInangki. Sebab,pertemanannya dengan Pinangki sudah terjalin cukup lama.

"Ee saya bertanya, bahwa eee apa eee untuk apa? Dia bilang temani saya saja," kata Andi.

"Saya tidak detail ke sana bertanya pak," sambung dia.

Bahkan selama Andi Irfan di Jakarta, tak jarang dia pergi bersama dengan Pinangki. Sekadar ngopi hingga makan kerap mereka lakukan.

"Kami sering makan sama-sama," katanya.

Mendengar jawaban itu, jaksa lantas kembali bertanya alasan Andi Irfan Jaya menyetujui ajakan itu. Andi Irfan Jaya mengaku mau ikut dengan Pinangki karena tak perlu membayar semua biaya perjalanan hingga penginapan.

"Saya tidak terlalu jauh bertanya yang ada di hati saya waktu itu mungkin kurang lebih saya senang pak diajak jalan, tidak bayar lagi," kata dia.