Diperiksa 6 Jam, Bupati Bogor Jawab 50 Pertanyaan Polisi soal Kegiatan Rizieq di Megamendung
Bupati Bogor Ade Yasin/ANTARA

Bagikan:

BANDUNG - Bupati Bogor, Ade Yasin, rampung menjalani pemeriksaan. Ade Yasin menjawab 50 pertanyaan penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Barat terkait kasus kerumunan di Megamendung, Bogor, pada kegiatan Rizieq Shihab.

Ade Yasin keluar dari Gedung Ditreskrimum Polda Jawa Barat pada pukul 16.06 WIB setelah enam jam diperiksa penyidik sejak pukul 10.00 WIB.

"Tentang kasus kerumunan di Megamendung, ada sekitar 50 pertanyaan dan saya sudah jawab semua," kata dia, di Polda Jawa Barat, Bandung dikutip Antara, Selasa, 15 Desember.

Terkait pemeriksaan itu, dia menyatakan, mereka tidak pernah mengeluarkan izin kepada Shihab di Megamendung, Bogor, pada Jumat, 13 November. 

"Karena pada saat itu tidak ada pemberitahuan, jadi kami juga tidak bisa memberikan izin, apa pun surat yang secara resmi, kami balas itu tidak ada," katanya.

 Selain itu, menurut dia, sejauh ini belum ada klaster khusus penyebaran COVID-19 di kawasan Megamendung usai kegiatan Shihab yang diduga mengumpulkan 3.000 orang.

Menurut Bupati Bogor, angka kasus COVID-19 dfluktuatif seperti biasanya. Ade Yasin belum bisa menjelaskan korelasi kenaikan kasus COVID-19 di wilayah itu dengan adanya kerumunan Front Pembela Islam.

"Tiap hari fluktuatif. Saya belum melihat ada korelasinya dengan kasus (kerumunan) itu," kata dia.