<i>Ogah</i> Sebut Ganjar, Puan Sebut Banyak Pemimpin yang Rambutnya Putih
DOK/Ganjar Pranowo menyambut Puan Maharani di Solo/FOTO via Instagram @ganjar_pranowo

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPR sekaligus Ketua PDIP Puan Maharani, menanggapi soal ciri pemimpin disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Jokowi, pemimpin yang memikirkan rakyat bisa dilihat dari penampilannya, yakni punya kerutan di wajah dan rambutnya memutih. 

Seolah ogah mengamini spekulasi yang dimaksud Jokowi adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Puan lebih memilih menjawab banyak tokoh di Indonesia yang berambut putih. 

"Banyak yang rambutnya putih," kata Puan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 28 November. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jokowi mengingatkan para relawan agar memilih pemimpin yang bisa merasakan apa yang dirasakan. Dia berpesan agar memilih pemimpin yang menjaga keberlanjutan pembangunan yang sudah on the track. 

"Saya titip hati-hati, pilih pemimpin hati, pilih pemimpin yang ngerti apa yang dirasakan oleh rakyat. Pilih nanti di 2024, pemimpin yang ngerti tentang apa yang dirasakan oleh rakyat, setuju? Juga pilih pemimpin, pilih pemimpin yang tau, yang tau apa yang diinginkan oleh rakyat," ujar Jokowi di acara 'Nusantara Bersatu', Jakarta, Sabtu, 26 November. 

Jokowi lantas menyebut ciri-ciri yang bisa terlihat dari pemimpin yang memikirkan rakyatnya tersebut. Diantaranya, punya kerutan di wajah dan rambutnya sampai memutih.

"Perlu saya sampaikan, perlu saya sampaikan, pemimpin, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan, dari mukanya tuh keliatan, dari penampilannya itu keliatan, banyak kerutan di wajahnya, karena mikirin rakyat. Ada juga yang mikirin rakyat sampe rambutnya putih semua, ada. Ada itu," kata Jokowi. 

Bahkan Jokowi sampai dua kali menyebut pemimpin yang memikirkan rakyat wajahnya berkerut dan rambutnya memutih. 

"Saya ulang. Jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu keliatan dari penampilannya dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati hati. Lihat juga, liat rambutnya, wah kalau rambutnya putih semuanya, ini mikir rakyat ini," tambahnya.