Pemprov Sulsel Berikan Bantuan Kapal, Perahu  dan Apartemen Ikan untuk Nelayan di Selayar
Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memberikan sambutan dalam rapat paripurna berpetapan dengan peringatan 417 Tahun Kabupaten Kepulauan Selayar. (foto: dok. antara)

Bagikan:

MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan bantuan kapal perikanan dengan nilai total Rp3,5 miliar kepada kelompok nelayan di wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Menurut keterangan pers pemerintah provinsi yang diterima Antara di Kota Makassar, Sabtu, 26 November, bantuan yang diberikan kepada kelompok nelayan di Kepulauan Selayar terdiri atas satu kapal Purse Seine 25GT, tiga kapal bagang 15 GT, serta dua perahu.

"Kami menyerahkan sejumlah kapal perikanan kepada kelompok nelayan di Kabupaten Selayar. Kami harap dapat membantu dan mendukung nelayan untuk melaut," kata Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Bantuan tersebut, dimaksudkan untuk mendukung peningkatan produktivitas dan kesejahteraan nelayan di Kepulauan Selayar.

Selain memberikan bantuan kapal, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan bantuan berupa tambatan perahu serta sarana dan prasarana usaha tambak garam.

"Kanu juga memberikan bantuan artificial reef (terumbu buatan) dan apartemen ikan," kata Gubernur.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga membantu upaya penghijauan di kawasan mangrove Kepulauan Selayar dengan menanam 95.840 bibit pohon bakau.

Selain itu, Gubernur mengatakan, pemerintah provinsi memberikan bantuan keuangan Rp11 miliar untuk mendukung pembangunan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Alhamdulillah tahun lalu kami kucurkan Rp8 miliar, dan sudah terealisasi dan disalurkan ke masyarakat. Tahun ini kami kembali berikan bantuan keuangan senilai Rp 11 miliar," katanya dalam rapat paripurna bertepatan dengan peringatan 417 tahun Kabupaten Kepulauan Selayar.