Gulkarmat dan Satpol PP Jakbar Kirim Anggota ke Lokasi Gempa Cianjur
Tim penyelamat melakukan evakuasi korban gempa/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat mengirimkan personel terbaik untuk membantu proses evakuasi korban dan puing-puing akibat gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

"Kita kirimkan anggota terbaik kita beserta alat bantu evakuasi untuk bertugas di sana. Mereka adalah anggota terbaik yang terlatih khusus untuk melalukan proses evakuasi," kata Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Barat, Syarifuddin mengutip Antara, Jumat, 24 November.

Pihaknya mengirim dua anggota terbaik di bidang penyelamatan setelah sebelumnya melakukan proses seleksi dari seluruh sektor kecamatan hingga tingkat kota Jakarta Barat.

Dari pemilihan personel itu, pilihan mengerucut kepada dua anggota yang sudah diberangkatkan ke lokasi bencana alam di Cianjur.

Dua anggota tersebut telah bergabung dengan seluruh perwakilan petugas Gulkarmat setiap wilayah di tingkat Provinsi DKI Jakarta. Setelah bergabung, mereka diberangkatkan untuk membantu proses evakuasi warga korban dan puing-puing akibat gempa.

"Kita berangkatkan kemarin dari semua wilayah berbarengan dengan tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)," kata dia.

Dia mengatakan anggotanya akan tetap bertugas di sana sampai waktu yang belum bisa dipastikan. "Tergantung situasi dan kondisi di lapangan," kata dia.

Tidak hanya Sudin Gulkarmat, Satpol PP Jakarta Barat (Jakbar) juga telah mengirimkan anggota terbaiknya untuk membantu proses evakuasi puing-puing dan korban gempa di Kabupaten Cianjur.

"Kita kirimkan dua regu penyelamat, satu truk dan mobil operasional," kata Kasatpol PP Jakarta Barat Agus Irwanto saat dihubungi di Jakarta, Kamis, 24 November.

Agus mengatakan, dua regu penyelamat itu terdiri atas 20 petugas evakuasi. Mereka merupakan tim yang sudah terlibat dalam melakukan proses evakuasi korban bencana seperti banjir, tanah longsor dan gempa bumi.

Mereka juga dibekali dengan beberapa peralatan untuk melakukan evakuasi seperti mesin pemotong besi hingga alat pemotong kayu otomatis.