Demi Tarik Wisatawan, Pemprov Sulsel Beri Subsidi Penerbangan Toraja-Balikpapan
Peresmian penerbangan perdana dari Bandara Buntu Kunik Tana Toraja, Sulsel menuju Balikpapan, Jumat (7/10/2022). ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel

Bagikan:

MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memberikan bantuan keuangan untuk subsidi penerbangan rute Toraja-Balikpapan di Kalimantan Timur senilai Rp 2,5 miliar dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tana Toraja.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan Pemprov mengalokasikan  anggaran Rp22,5 miliar untuk bantuan keuangan bagi  Kabupaten Tana Toraja yang mana Rp2,5 miliar dikhususkan untuk subsidi penerbangan.

Andi Sudirman menjelaskan, dengan subsidi itu, kini terlayani penerbangan langsung (direct flight) dari Toraja menuju Balikpapan maupun dari Balikpapan ke Toraja. Penerbangan rute ini dilayani secara reguler setiap Jumat dan Minggu.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi langkah Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang membantu subsidi penerbangan.

"Kami mengapresiasi bantuan subsidi penerbangan yang dilakukan Gubernur Sulsel dan akan dijadikan role model bagi provinsi maupun kabupaten lainnya," kata Menhub pada Rapat Koordinasi Kementerian Perhubungan dan Kementerian Dalam Negeri tentang "Keberlangsungan Konektivitas Transportasi Udara dan Dukungan Pemerintah Daerah" dilansir ANTARA, Kamis, 24 November.

"Kolaborasi dengan Kabupaten untuk pelaksanaan subsidi merupakan inovasi dan best practice yang bisa dicontoh daerah lain, belum ada provinsi yang melakukan seperti Provinsi Sulsel," lanjut Menhub.

Budi Karya sekaligus mengajak pemerintah daerah turut membuat stimulus untuk bersama-sama memulihkan penerbangan ke daerah. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya bersama antara pemerintah pusat, daerah, dan seluruh pemangku kepentingan sektor penerbangan untuk menjaga keberlangsungan konektivitas udara pascapandemi COVID-19.

“Kami mengajak seluruh pihak untuk bekerja sama membuat stimulus untuk konektivitas transportasi udara di daerah-daerah, untuk memulihkan kembali sektor penerbangan setelah terdampak COVID-19,” ujar Menhub.