Sandiaga Uno Bilang, RI Jadi Perhatian Negara-negara Besar karena Keberhasilan KTT G20
Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bilang, sejumlah negara menempatkan posisi Indonesia sebagai negara yang sangat diperhitungkan setelah gelaran KTT G20 di Bali.

Sandiaga Uno menuturkan, Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese juga turut jadi pihak yang memuji Indonesia.

"Saya ingin membagi sebuah berita yang sangat membanggakan. Bahwa Indonesia sekarang menjadi spotlight. Indonesia menjadi perhatian dari seluruh negara-negara besar di dunia karena keberhasilan kita menjadi tuan rumah KTT G20 di Bali pekan lalu," kata Sandiaga Uno, Selasa 22 November.

Tidak hanya soal keindahan Bali, Sandiaga Uno menjelaskan keramahtamahan warga Indonesia juga membuat para delegasi negara lain merasa nyaman.

"Dan ini bukan hanya atas keindahan alam Indonesia, terutama Bali, tapi juga keramahtamahan," Sandiaga Uno melanjutkan.

Sandiaga Uno kemudian mengungkapkan Joe Biden dan Anthony memuji Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20. Keduanya juga mengapresiasi lahirnya Deklarasi Bali.

"Saat Presiden Biden dan Perdana Menteri Australia meninggalkan Bali, mereka juga menyampaikan apresiasi atas leadership kepemimpinan kita dan juga keramahtamahan dalam kemampuan kita mengorkestrasi lahirnya Bali Deklarasi terhadap G20," ujar mantan Wagub DKI Jakarta tersebut.

Sandiaga Uno menambahkan, hal tersebut menandakan, selain kekayaan alam dan kebudayaan, Indonesia di bawah kepemimpinan presiden Joko Widodo berhasil dalam aspek lainnya.

"Ini adalah bukti bahwa selain kekayaan alam dan budaya, kita kita juga memiliki kepemimpinan di bawah Bapak Presiden Jokowi. Tepuk tangan untuk kita semua," tuturnya.

Sandiaga juga menyebut peran kekayaan intelektual Indonesia pada perhelatan G20 sudah ditonjolkan. Salah satunya, ketika para pimpinan dari berbagai negara bergaya layaknya model dengan mengenakan batik Endek Bali.

"Saat mereka masuk kalau dulu terkenal dengan Citayam Fashion Week, kemarin ada KTT G20 Fashion Week, semuanya menggunakan kain endek hasil dari Pak Wayan dan Ibu. Bagaimana pemimpin dunia Justin Trudeau dengan gantengnya menggunakan kain endek warna merah, juga Perdana Menteri Inggris. Ini menunjukkan bahwa bukan hanya kita memiliki produk ekonomi kreatif yang membanggakan, tetapi juga berkelas dunia,” pungkas Sandiaga Uno.