Bekas Ajudan Bantah Kesaksian Ferdy Sambo Soal Jenis Senpi yang Sempat Jatuh
Terdakwa Ferdy Sambo (Foto Irfan Meidianto-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan ajudan Ferdy Sambo, Adzan Romer seolah membantah keterangan eks Kadiv Propam Polri soal jenis senjata api (senpi) yang sempat jatuh. Sebab, diyakini senjata itu bukanlah berjenis Wilson Combat. Melainkan, HS-19.

Ferdy Sambo sedianya sempat menjatuhkan senpi saat tiba di rumah dinasnya di Komplek Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Kesaksian Romer bermula ketika disodorkan barang bukti senpi. Hakim pun mempertanyakan apakah senpi itu yang sempat jatuh dari penguasaan mantan bosnya.

"Apakah HS ini yang saudara lihat jatuh dari mobil pada waktu terdakwa turun di rumah jalan Duren Tiga," tanya hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa, 22 November.

"Saya tidak tahu persis senjata HS yang itu atau bukan (yang jatuh, red). Tapi saya tahu persis itu senjata HS yang mulia (yang ditunjukan, red)," jawab Romer.

Keyakinan Romer itu kembali ditegaskannya saat dicecar oleh penasihat hukum Ferdy Sambo.

Menurutnya, dia mengetahui jenis senjata api, termasuk yang sempat jatuh dari tangan Ferdy Sambo. Tetapi, dia tak bisa memastikan apakah senjata jenis HS-19 yang disita saat ini merupakan sejata milik mantan bosnya tersebut

"Senjata HS, apakah senjata itu yang saudara lihat?" tanya penasihat hukum.

"Saya gatau pak, tapi saya pastikan yang jatuh itu HS," kata Romer.

"Dari mana saudara bisa memastikan bahwa senjata itu HS. Sedangkan yang tadi saudara diperlihatkan majelis ketua majelis saudara tidak tahu," timpal penasihat hukum.

"Saya gak tahu pak karena saya gak tahu nomornya pak.Tapi kalau senjata yang jatuh, saya bisa bedakan, mana HS mana bukan," kata Romer.

Mendengar kesaksian Romer, anggota tim penasihat hukum meminta majelis hakim memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menampilkan CCTV yang menampilkan momen jatuhnya senpi dari tangan Ferdy Sambo.

"Yang mulia, ini sangat penting buat kita dari mohon nanti kami akan membawa CCTV. Yang nanti diperlihatkan yang mulia jadi pada saat penyidikan itu kita minta dilakukan untuk dikonfirmasi apa yang disampaikan oleh saudara Romer ini," kata penasihat hukum.

"Baik nanti JPU akan menghadirkan bersama ahli, begitu ya," jawab hakim.

Adapun, Ferdy Sambo sempat menyatakan bila senpi yang jatuh dari penguasannya itu berjenis Wilson Combat. Kesaksian itu disampaikan pada persidangan yang digelar 8 November lalu.

“Senjata yang jatuh bukan senjata HS, tetapi senjata pribadi saya, Wilson Combat, yang memang mirip dengan senjata yang ditampilkan,” kata Ferdy Sambo.