Bagikan:

JAKARTA - Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) mengatakan sedang mempertimbangkan untuk mengadopsi peraturan baru, guna mengatasi polusi udara lokomotif.

"EPA telah membentuk tim guna mengevaluasi cara terbaik, untuk mengatasi emisi polutan udara dari sektor lokomotif. Tim ini akan mengembangkan serangkaian opsi dan rekomendasi, untuk kemungkinan tindakan peraturan EPA yang menangani lokomotif baru dan mesin lokomotif baru," kata agensi tersebut, melansir Reuters 10 November.

Dewan Sumber Daya Udara California (CARB) pada April 2017 telah meminta EPA, untuk menetapkan standar emisi yang lebih ketat untuk lokomotif baru dan mesin lokomotif baru.

EPA tidak mendukung permintaan California, tetapi mengatakan berencana untuk mengusulkan revisi peraturan preemption lokomotif yang ada, "untuk memastikan mereka tidak secara tidak tepat membatasi otoritas California dan negara bagian lain di bawah Clean Air Act, untuk mengatasi masalah kualitas udara mereka."

CARB tidak segera menanggapi permintaan komentar.

EPA belum memperbarui peraturan emisi polutan udara dari lokomotif sejak 2008. Badan tersebut mencatat di California dan di tempat lain lokomotif tetap menjadi sumber emisi yang signifikan, "seringkali berdampak secara tidak proporsional terhadap kesehatan masyarakat di dekat jalur kereta api dan pelabuhan."

EPA mencatat, pada Bulan Agustus Kongres meloloskan undang-undang iklim yang menyediakan 3 miliar dolar AS untuk hibah dan potongan harga, guna mengurangi polusi udara di pelabuhan dan 60 juta dolar AS lagi untuk program Undang-Undang Pengurangan Emisi Diesel.

CARB telah mengusulkan mulai tahun 2030, hanya lokomotif yang berusia kurang dari 23 tahun yang dapat digunakan di California.

Pada tahun 2024, "semua lokomotif dengan perangkat pemutus otomatis tidak akan diizinkan untuk menganggur lebih dari 30 menit, kecuali untuk alasan yang dikecualikan."

Proposal, yang akan dibahas pada pertemuan dewan CARB 18 November, diharapkan dapat mengurangi emisi lokomotif di seluruh negara bagian, kira-kira setara dengan menghapus semua truk diesel tugas berat dari jalan California untuk semua tahun 2030.