Sidang Pleno IV Tanwir Tetapkan 39 Calon Tetap Pimpinan Muhammadiyah
Ketua Panitia Pemilih Sidang Pleno IV Tanwir Muhammadiyah Dahlan Rais (tengah) saat memimpin sidang Pleno IV Tanwir Muhammadiyah/ANTARA HO

Bagikan:

SOLO - Panitia pemilih menetapkan sebanyak 39 calon tetap pemimpin Muhammadiyah dalam sidang pleno IV Tanwir yang digelar di Auditorium Moh.Djazman Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah.

Menurut Ketua Panitia Pemilih Sidang Pleno IV Tanwir Muhammadiyah Dahlan Rais sebanyak 197 peserta Tanwir Muhammadiyah melakukan pemilihan calon tetap Pengurus Pusat Muhammadiyah Periode 2022.

Dahlan Rais mengatakan seharusnya ada 202 yang mestinya harus melakukan pemilihan. Namun, ada 5 orang yang tidak dapat memilih dan 3 di antaranya, sakit dan 1 tidak berangkat.

"Nanti ada berita acara, tetapi kami syukuri sidang pleno tanwir berjalan sesuai rencana," kata Dahlan Rais dilansir ANTARA, Jumat, 18 November.

Setelah itu, dilakukan pembacaan berita acara Sidang Tanwir oleh Sekretaris Panitia Pemilihan, Budi Setiawan.

Salah satu isinya adalah pembacaan 39 calon tetap pimpinan Muhammadiyah yang telah terpilih dari 92 calon sementara.

Dahlan Rais mengatakan pemilihan calon tetap dilakukan secara e-voting yang telah memenuhi syarat Luber.

"Langsung umum bebas rahasia jujur karena mesin tidak bisa berbohong. Jadi insyaallah hasil ini bisa dipertanggungjawabkan karena memenuhi persyaratan yang ada," kata Dahlan Rais.

"Apakah bisa disahkan hasil tadi?" tanya Dahlan Rais kepada peserta sidang Tanwir.

"Sah," jawab peserta sidang tanwir.

Alhamdulillah dengan demikian tugas Panitia Pemilih untuk sidang Tanwir sudah selesai. Dan, masih ada pemilihan pimpinan tetap di persidangan Muktamar yang melibatkan 20 kali lipat karena akan melibatkan 2.600 pemilih hak suara. Angka 39 ini akan dibawa ke Sidang Muktamar untuk dipilih 13 pimpinan tetap.

Hasil pemilihan calon tetap itu, kemudian dimasukkan dalam berita acara Keputusan Tanwir 2022 persidangan yang kemudian dibacakan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti.

Sementara itu, dalam penutupan Persidangan Tanwir, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan persidangan Tanwir telah berjalan baik dan ditutup pengumuman 39 calon tetap.

"Karena itu, kami ucapkan terima kasih kepada Steering Committee (SC), panitia pusat, panitia penerima dan panitia pemilih yang telah melaksanakan tanwir juga kepada seluruh peserta anggota tanwir yang telah bersidang," kata Haedar Nashir.

Haedar Nashir menyampaikan persidangan Tanwir berjalan serius tetapi santai. Ada kegembiraan juga ada kebersamaan yang menandakan itulah Muhammadiyah.

Namun, juga tetap produktif, serta menghasilkan yang baik bagi Muhammadiyah dan Aisyiyah," kata Haidar Nashir.

Berikut 39 calon tetap hasil sidang Tanwir 18 November 2022, 1. Anwar abbas, 2. Syamsul Anwar, 3. Haidar Nashir, 4. Saad Ibrahim, 5. Abdul Mu'ti, 6. Dadang Kahmad, 7. Hilman latief, 8. Syafiq A Mughni, 9. Amirsyah Tambunan, 10. Busro Muqoddas, 11. Agus Taufiqurahman, 12. Imam ad Daruqutniy, 13. Agung Danarto, 14. Marpuji Ali, 15. Muhadjir Efendi, 16. Ary Anshori, 17. A. Dahlan Rais, 18. Sofyan Anief , 19. Muhammad Ziyad, 20. Khoirudin Bashori , 21. M Sayuti, 22. Ma'mun Murod, 23. Irwan akib, 24. M. Agus Samsudin, 25. Hajriyanto Y Thohari, 26. Fathurohman Kamal, 27. Armyn Gultom, 28. Zakiyyudin Baedhowi, 29. Agus Sukaca, 30. Hamim Ilyas, 31. Untung Cahyono, 32. M Rizal Fadilah, 33. Budi Setiawan, 34. Ambo Asse, 35. Bambang Setiaji, 36. Ahmad Khairudin, 37. Asep Purnama Bahtiar, 38. Syaifullah dan 39. Saidul Amin.*