Kapolres Sukabumi Terjun Langsung Tinjau Jalur Alternatif Cikidang Jelang Perayaan Natal-Tahun Baru 2023
Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Dharmawansyah yang didampingi Kasat Samapta Polres Sukabumi AKP Roni Haryanto/ANTARA

Bagikan:

SUKABUMI - Jelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah turun langsung meninjau kelayakan jalur alternatif Cikidang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

"Peninjauan ini untuk memastikan kondisi keamanan dan kelayakan mulai dari jalan, rambu, penerangan dan lokasi rawan kecelakaan maupun tindak kejahatan di jalur alternatif Cikidang yang menghubungkan Kecamatan Cikidang dengan Palabuhanratu," kata Dedy di Sukabumi, Antara, Jumat, 18 November.

Di bawah guyuran hujan deras, dengan mengendarai sepeda motor, Dedy yang didampingi Kasat Samapta Polres Sukabumi AKP Roni Haryanto, Kanit Regident Satuan Lalulintas Polres Sukabumi Iptu Iwan Hendi dan KBO Satuan Lalulintas Iptu Damar Gunawan memantau kondisi jalan di jalur alternatif tersebut.

Langkah ini dilakukan untuk meminimalisasikan terjadinya kecelakaan lalu lintas dan tindak kejahatan. Pihaknya memprediksi pada libur Natal dan tahun baru akan banyak wisatawan yang datang dari wilayah Jabodetabek untuk berlibur di kawasan Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Wisatawan yang datang kemungkinan tidak hanya mengambil jalur utama menuju Palabuhanratu seperti dari Simpang Ratu, Kecamatan Cibadak-Palabuhanratu, tetapi sebagian akan menggunakan jalur alternatif Cikidang-Palabuhanratu untuk menghindari kepadatan kendaraan.

Menurut Dedy, di jalur utama alternatif Cikidang pihaknya menemukan beberapa kekurangan seperti ketersediaan rambu dan penerangan jalan. Pemantauan ini juga persiapan penempatan personel dan rekayasa arus lalu lintas, jika saat musim libur Natal dan tahun baru terjadi kemacetan arus kendaraan baik dari Palabuhanratu menuju Cikidang maupun sebaliknya.

"Kami masih melakukan kajian terhadap jalur alternatif dari Sampora ini apakah layak atau tidak digunakan pada saat pengamanan libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 mendatang," tambahnya.

Lanjut dia, hasil peninjauan langsung ke lapangan akan menjadi bahan pihaknya untuk mencari solusi yang tepat dan nantinya dapat diterapkan dalam pola pengamanan arus lalul intas di jalur alternatif Cikidang.