Kawasan Puncak Berlakukan Car Free Night Saat Malam Tahun Baru, Ini Jadwalnya
Jalur Puncak Bogor (ANTARA)

Bagikan:

BOGOR - Pada malam Tahun Baru 2024, jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat akan memberlakukan malam tanpa kendaraan bermotor atau car free night.

Kebijakan ini akan diterapkan di sepanjang jalur Puncak pada 31 Desember 2023 mulai pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari 2024 pukul 01.00 WIB.

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro mengungkapkan, bagi masyarakat yang hendak menghabiskan malam tahun baru di kawasan Pucak, diingatkan untuk tidak berangkat pada jam tersebut.

"Kami imbau agar masuk kawasan Puncak lebih awal sebelum penerapan car free night," kata Rio, Rabu, 27 Desember.

Bagi masyarakat yang hendak menuju kawasan Cianjur atau Bandung, disarankan untuk melewat dua jalur alternatif, yaitu serta jalur Ciawi-Cianjur melalui Sukabumi dengan rute Ciawi-Cicurug-Cibadak-Kota Sukabumi-Cianjur, atau jalur Cibubur-Cianjur melalui Jonggol dengan rute Cibubur-Cieungsi-Jonggol Cariu-Cikalong-Cianjur.

Selain memberlakukan car free night, sistem ganjil genap juga akan tetap diberlakukan menjelang libur Tahun Baru 2024.

"Kami gunakan (sistem ganjil genap) agar dapat mengatur jumlah kendaraan yang bisa naik ke Puncak," kata Rio.

Dalam pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), khususnya di kawasan Puncak, ​​​Polres Bogor menerjunkan 875 personel. 

Selain mengandalkan personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas), Polres Bogor juga berkolaborasi dengan berbagai instansi, mulai dari TNI, Pemerintah Kabupaten Bogor, serta organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan.