Kabar Baik! Pemkab Rejang Lebong Alokasikan Rp900 Juta untuk Beasiswa Mahasiswa Berprestasi, Cek Syaratnya 
Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong. dok.ANTARA

Bagikan:

REJANG LEBONG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengalokasikan anggaran sebesar Rp900 juta untuk program beasiswa mahasiswa berprestasi. 

"Anggaran beasiswa ini kita berikan kepada mahasiswa fakultas kedokteran maupun dari fakultas lain yang memenuhi persyaratan. Besaran beasiswanya disesuaikan dengan uang kuliah tunggal atau UKT masing-masing universitas," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Rejang Lebong Rezza Fakhlevie di Rejang Lebong, Antara, Jumat, 18 November.

Dia menjelaskan, program beasiswa bagi mahasiswa berprestasi tersebut diberikan selama satu tahun berjalan yakni biaya kuliah yang dibayarkan setiap semester. Program beasiswa mahasiswa berprestasi sesuai dengan misi visi bupati dan wakil bupati Rejang Lebong pada kampanye Pilkada serentak 2020 lalu.

Sejauh ini sudah ada puluhan mahasiswa yang mengambil formulir pendaftaran guna mendapatkan bantuan dalam program beasiswa yang digulirkan Pemkab Rejang Lebong sejak beberapa tahun belakangan itu.

Menurut dia, mahasiswa yang akan mendapatkan bantuan ini harus memenuhi beberapa persyaratan di antaranya mahasiswa harus warga Rejang Lebong, memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,0 bagi mahasiswa kedokteran yang berkuliah di universitas negeri, kemudian IPK 3,25 untuk mahasiswa fakultas kedokteran yang berkuliah di universitas swasta.

Sedangkan mahasiswa dari fakultas lainnya harus memiliki IPK 3,5 bagi yang berkuliah di universitas negeri dan IPK 3,75 bagi yang berkuliah di universitas swasta.

Mahasiswa yang sudah mendaftar untuk mendapatkan bantuan ini, kata dia, harus menjalani verifikasi oleh tim yang dibentuk Pemkab Rejang Lebong, jika dinyatakan layak maka beasiswa akan diberikan kepada mahasiswa yang bersangkutan.