Pemerintah AS Putuskan Putra Mahkota Arab Saudi Miliki Kekebalan Atas Gugatan Pembunuhan Jamal Khashoggi
Presiden Joe Biden bersama Pangeran Mohammed bin Salman. (Sumber: SPA)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Amerika Serikat di bawah Presiden Joe Biden memutuskan pada Hari Kamis,

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MbS) memiliki kekebalan dari gugatan atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Diketahui, Khashoggi telah mengkritik kebijakan putra mahkota di kolom Washington Post. Ia dibunuh pada Oktober 2018 oleh agen Arab Saudi di konsulat Istanbul, Turki sebuah operasi yang diyakini intelijen AS diperintahkan oleh Pangeran Mohammed, yang telah menjadi penguasa de facto kerajaan selama beberapa tahun.

"Ini adalah keputusan hukum yang dibuat oleh Departemen Luar Negeri di bawah prinsip-prinsip hukum kebiasaan internasional yang sudah lama dan mapan," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih dalam sebuah pernyataan tertulis, melansir Reuters 18 November.

"Itu tidak ada hubungannya dengan kasus ini," sambungnya, serta merujuk pertanyaan lebih lanjut ke Departemen Luar Negeri dan Kehakiman.

Seorang juru bicara konsulat Saudi di Washington tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar pada Kamis malam, setelah jam kerja.

joe biden pangeran mbs
Presiden Joe Biden bersama Pangeran Mohammed bin Salman. (Sumber: SPA)

"Jamal meninggal lagi hari ini," tulis mantan tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz, di Twitter beberapa menit setelah berita itu dipublikasikan.

Dia menambahkan kemudian: "Kami pikir mungkin akan ada cahaya untuk keadilan dari #USA Tapi sekali lagi, uang datang lebih dulu. Ini adalah dunia yang tidak diketahui Jamal dan saya..!"

Dalam sebuah dokumen yang diajukan ke Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Columbia, pengacara Departemen Kehakiman menulis, "doktrin kekebalan kepala negara sudah mapan dalam hukum kebiasaan internasional."

Pengacara Departemen Kehakiman mengatakan, cabang eksekutif Pemerintah AS, mengacu pada Pemerintahan Biden, telah "menetapkan bahwa terdakwa bin Salman, sebagai kepala pemerintahan asing, mendapat kekebalan kepala negara dari yurisdiksi pengadilan AS sebagai akibat dari kantor itu."

Pada akhir September, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud menunjuk Pangeran Mohammed sebagai perdana menteri, dalam sebuah keputusan kerajaan yang menurut seorang pejabat Saudi sejalan dengan tanggung jawab yang sudah dijalankan oleh putra mahkota.

joe biden mohammed bin salman
Presiden Joe Biden bersama Pangeran Mohammed bin Salman. (Sumber: SPA)

"Royal Order tidak meragukan bahwa Putra Mahkota berhak atas kekebalan berdasarkan status," kata pengacara sang pangeran dalam petisi 3 Oktober yang meminta pengadilan distrik federal di Washington membatalkan kasus tersebut, mengutip kasus lain di mana Amerika Serikat memiliki kekebalan yang diakui untuk kepala negara asing.

Diketahui, Presiden Biden dikritik karena menemui putra mahkota dalam kunjungan ke Arab Saudi pada Juli, untuk membahas masalah energi dan keamanan.

Gedung Putih mengatakan, Presiden Biden telah memberi tahu Pangeran Mohammed, dia menganggap pangeran bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi.

Pangeran MbS, telah membantah memerintahkan pembunuhan Khashoggi, tetapi kemudian mengakui bahwa itu terjadi "di bawah pengawasan saya."

"Sungguh ironis bahwa Presiden Biden seorang diri meyakinkan MBS dapat lolos dari pertanggungjawaban, ketika Presiden Biden yang berjanji kepada rakyat Amerika bahwa dia akan melakukan segalanya untuk meminta pertanggungjawabannya. Bahkan pemerintahan Trump tidak melakukan ini," Sarah Lee Whitson, seorang juru bicara untuk Democracy for the Arab World Now dalam sebuah pernyataan tertulis.