Siap Maju Pencalonan Pilpres AS 2024, Donald Trump Dorong Hukuman Mati Bagi Pengedar Narkoba
Donald Trump. (Wikimedia Commons/Gage Skidmore)

Bagikan:

JAKARTA - Donald Trump mengumumkan pencalonan dirinya untuk Pemilihan Presiden Amerika Serikat tahun 2024, menyebut akan membawa Negeri Paman Sam lebih hebat lagi.

Itu disampaikannya dalam pidato lebih dari satu jam dihadapan ratusan pendukungnya, serta disiarkan secara langsung di televisi Amerika Serikat.

"Untuk membuat Amerika hebat lagi, malam ini saya mengumumkan pencalonan saya sebagai presiden Amerika Serikat," kata Trump, melansir Reuters 16 November.

Lebih jauh, Trump mengatakan akan mendorong hukuman mati bagi pengedar narkoba, batasan waktu bagi anggota parlemen dan mempekerjakan kembali anggota militer yang telah diberhentikan karena menolak vaksin COVID-19.

Trump pun sadar kampanyenya akan mendapatkan tentangan, namun dikatakan itu tidak akan mengintimidasi dan akan terus bergerak maju'.

"Kami tidak akan terintimidasi. Kami akan bertahan. Kami akan bergerak maju menuju arus deras," sebut Trump.

Trump (76), berusaha untuk menjadi presiden kedua AS dalam sejarah yang menjabat secara tidak berturut-turut, setelah Grover Cleveland, yang tugas keduanya berakhir pada 1897.

Kendati demikian, ada jalan panjang sebelum calon dari Partai Republik secara resmi dipilih pada musim panas 2024, dengan kontes tingkat negara bagian pertama lebih dari setahun lagi.

Pengumuman Trump datang lebih awal dari biasanya, menandakan minatnya untuk mengecilkan calon pesaing lainnya seperti Gubernur Florida Ron DeSantis atau mantan wakil presidennya sendiri, Mike Pence.

Diketahui, Presiden Joe Biden mengumumkan minatnya mencalonkan diri untuk pemilihan kembali pekan lalu, dengan keputusan akhir akan dibuat pada awal tahun mendatang.