Keakraban Prabowo dan Macron saat Dampingi Jokowi di Pertemuan Bilateral RI-Prancis
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron/FOTO via Tim Media Prabowo Subianto

Bagikan:

BADUNG - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron di sela penyelenggaraan KTT G20, Badung, Bali.

Momen ini diunggahnya pada Instagram pribadinya @prabowo, Selasa, 13 November. Prabowo mengenakan setelan berwarna abu-abu dan dasi biru muda bersalaman dan berbincang dengan Macron di sela pertemuan itu. Macron mengenakan setelan biru tua.

“Sebuah kehormatan dapat bertemu lagi dengan Anda, di Bali, Presiden Emmanuel Macron,” kata Prabowo dikutip dari keterangan tertulis, Selasa, 15 November.

Pertemuan bilateral antara RI dan Prancis hari itu salah satunya membahas kerja sama pertahanan dan kedirgantaraan kedua negara

Kerja sama ini diharapkan tidak terbatas pada pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) semata, tapi mencakup produksi bersama, alih teknologi, dan investasi manufaktur.

“Saya harapkan berbagai proyek pertahanan ini dapat segera kita tindak lanjuti. Saya sambut baik rencana dialog 2+2 antara Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kita untuk membahas isu-isu strategis di kawasan,” kata Jokowi.

Dibahas pula mengenai kerja sama transisi energi di mana Indonesia terus berupaya untuk memperkuat transisi energi baru dan terbarukan.

Macron pun mengapresiasi upaya yang dilakukan Indonesia dan menyatakan kesiapan untuk mendukung transisi energi di Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif juga hadir dalam pertemuan tersebut.