Hadiri KTT G20 Bali Secara Daring, Presiden Zelensky: Perang Harus Dihentikan Sekarang
KTT G20 di Bali. (Tangkapan layar YouTube Channel Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut perang harus diakhiri saat ini, mengadopsi formula perdamaian yang diusulkan, saat menghadiri KTT G20 di Bali secara daring.

Kepada pemimpin negara G20, Presiden Zelensky mengatakan perang Rusia harus diakhiri sekarang, dengan kesepakatan ekspor biji-bijian dilanjutkan.

"Saya yakin sekaranglah saatnya perang destruktif Rusia harus dan dapat dihentikan," ujarnya melansir BBC 15 November.

Lebih jauh, Presiden Zelensky menguraikan sejumlah strategi, termasuk memastikan keamanan nuklir dan pangan, mengakhiri permusuhan dan mencegah eskalasi.

Lebih jauh, Presiden Zelensky meminta para pemimpin G20 pada pertemuan puncak mereka, termasuk Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping, untuk mengadopsi formula perdamaian 10 poin dan mengakhiri perang "secara adil dan berdasarkan Piagam PBB dan hukum internasional".

"Tolong, pilih jalan Anda untuk kepemimpinan dan bersama-sama kita pasti akan menerapkan formula perdamaian," kata Presiden Zelensky, mengutip Reuters.

"Jika Rusia menentang formula perdamaian kami, Anda akan melihat bahwa itu hanya menginginkan perang," tandasnya.

Diketahui, pasukan Ukraina telah membuat kemajuan dalam beberapa pekan terakhir melawan pasukan Rusia di timur dan selatan, merebut kembali Kota Kherson pekan lalu, satu-satunya ibu kota regional yang direbut Rusia sejak invasi Februari.