PT Pos Sudah Salurkan Bantuan Subsidi Upah ke 9.500 Pekerja di Batam
Kepala Kantor Cabang Utama Pos Indonesia Kepulauan Riau Elan Pramudiansyah. (ANTARA)

Bagikan:

BATAM - PT Pos Indonesia Cabang Provinsi Kepulauan Riau sudah menyalurkan bantuan subsidi upah kepada sekitar 9.500 pekerja di Kota Batam.

Kepala Kantor Cabang Utama Pos Indonesia Kepulauan Riau Elan Pramudiansyah mengatakan, jumlah pekerja di Kota Batam yang mendapat bantuan subsidi upah dari pemerintah sebanyak 29.306 orang.

"Dari 29.306 pekerja ini kita sudah menyalurkan sampai dengan 9.500 pekerja. Penyaluran ini sudah berjalan beberapa hari di Batam," kata Elan saat dihubungi di Batam, Antara, Rabu, 9 November. 

Dia mengatakan bahwa saat ini penyaluran bantuan subsidi upah atau BSU difokuskan pada penerima yang bekerja di perusahaan yang beralamat di Kota Batam.

"Masa penyaluran utama ini kita targetkan selesai 14 November," katanya.

"Maksud dari penyaluran utama ini adalah kepada perusahaan yang beralamat di Kota Batam. Karena setelah kita lihat dan cek untuk alamat perusahaan yang menyertakan pekerjanya sebagai penerima BSU ada yang sudah pindah alamat, baik pindah di dalam kota ataupun ada yang pindah keluar kota," ia menjelaskan.

Pemerintah memberikan bantuan subsidi upah Rp600.000 kepada pekerja dengan gaji maksimal Rp3,5 juta per bulan atau setara dengan upah minimum provinsi dan/atau kabupaten/kota yang dibulatkan ke atas hingga ratusan ribu penuh.

Elan menyarankan pekerja calon penerima BSU mengunduh aplikasi Pospay lalu memilih logo Kemenaker, mengunggah foto e-KTP, dan mengikuti petunjuk untuk memperoleh kode untuk memudahkan penyaluran bantuan.

"Kami sarankan dapatkan dulu barcode baru datang ke Kantor Pos untuk mempermudah penyaluran dan cepat juga prosesnya," kata dia.

Pekerja calon penerima BSU harus membawa kartu tanda penduduk asli saat mengambil bantuan subsidi upah dan tidak dapat mewakilkan kepada anggota keluarga atau teman untuk mengambil bantuan.

PT Pos Indonesia Cabang Provinsi Kepulauan Riau menjalankan dua mekanisme dalam menyalurkan BSU, yakni dengan melayani pekerja mengambil bantuan langsung ke Kantor Pos dan mendatangi perusahaan untuk membagikan bantuan kepada pekerja.