<i>Dear</i> Warga Jakarta, BPBD Minta Waspadai Potensi Hujan dan Angin Kencang Malam Hari Ini
Ilustrasi hujan deras diikuti angin kencang. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem di Jakarta yang masih akan berlangsung sampai malam hari nanti.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari BMKG, Michael Sitanggang Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI menyebut ada potensi hujan disertai petir dan angin kencang pada sejumlah wilayah Jakarta.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Jakbar, Jaksel, dan Jaktim pada sore dan menjelang malam hari," kata Michael dalam keterangannya, Senin, 7 November.

Kemudian, terdapat juga potensi hujan pada siang/sore hari hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kota Depok.

Tercatat per pukul 09.00 WIB, tinggi muka air di sebagian besar pintu air masih dalam keadaan normal. Sementara, yang berstatus Siaga 2 adalah Pintu Air Pasar Ikan.

Lebih lanjut, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada Minggu, 6 November, masih menyebabkan banjir pada 1 RT di DKI Jakarta per pukul 09.00 WIB.

"Jakarta Barat terdapat 1 RT di Kelurahan Kembangan Utara dengan ketinggian: 40 sentimeter. Penyebabnya curah hujan tinggi," ucap Michael.

BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat.

"Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat," tandasnya.