BMKG Prakirakan Jakarta Hujan dan Potensi Angin Kencang di Sejumlah Wilayah
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian wilayah DKI Jakarta diguyur hujan, Jumat 18 Februari.

BMKG memprakirakan seluruh wilayah DKI Jakarta berawan pada pagi hari. Namun pada siang harinya hujan diperkirakan turun di lima wilayah.

Wilayah yang diprakirakan hujan dengan intensitas sedang di antaranya Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Untuk Jakarta Selatan diprakirakan hujan disertai petir pada siang hari.

Hanya wilayah Kepulauan Seribu yang diprakirakan berawan tebal pada siang hari oleh BMKG. Sedangkan pada malam hari, seluruh wilayah Jakarta diprakirakan kembali berawan.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi hujan disertai angin kencang dan petir di sejumlah wilayah.

"Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan menjelang malam hari; Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Jakarta Pusat pada dini hari," tulis BMKG dalam laman resminya.

Suhu udara di Jakarta berkisar antara 23 hingga 32 derajat celsius. Sedangkan untuk kelembaban udara berkisar antara 80 hingga 100 persen.

Kondisi serupa juga terjadi di wilayah Jawa yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Waspadai potensi hujan petir disertai angin kencang di wilayah Yogyakarta dan hujan sedang di wilayah Jakarta.

Situasi yang sama juga diprakirakan melanda daerah di Pulau Bali. BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai adanya potensi hujan petir disertai angin kencang yang di wilayah Mataram dan Kupang serta potensi hujan sedang di wilayah Denpasar.

Pulau Kalimantan secara umum berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Waspadai potensi hujan petir angin kencang yang di wilayah Tanjung Selor.

Potensi hujan diprakirakan terjadi di sebagian besar wilayah Sulawesi, waspadai intensitas hujan lebat yang diperkirakan melanda wilayah Gorontalo.

Sementara kondisi cuaca di wilayah timur Indonesia diperkirakan terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Waspadai potensi hujan petir disertai angin kencang yang diperkirakan terjadi di wilayah Manokwari dan hujan sedang di wilayah Ternate.