Banyuwangi Dilanda Angin Kencang, Pohon Bertumbangan
Pohon tumbang di Banyuwangi Jawa TImur/FOTO IST

Bagikan:

BANYUWANGI  - Angin kencang melanda wilayah Banyuwangi, Jawa Timur. Sejumlah pohon bertumbangan. 

Pohon tumbang juga menimpa mobil di Jalan Mangir, Rogojampi Banyuwangi. Pohon yang menutup badan jalan membuat arus lalu lintas lumpuh total.

Salah satu warga, Affan, mengatakan pohon di sisi timur jalan mendadak roboh. Saat itu kondisi angin begitu kencang.

"Bergerak pelan dan roboh menutup jalan. Untungnya pas sepi," tutur warga yang tinggal di sekitar lokasi, Selasa, 21 Desember.

Sampai saat ini pengguna jalan masih tertahan di dua arah. Warga masih menunggu proses pembersihan batang pohon dari badan jalan. 

Sementara Petugas Pusdalog BPBD Banyuwangi Saiful Andrianto mengatakan, petugas belum turun ke lokasi karena sedang melakukan penanganan peristiwa serupa di Banyuwangi.

"Di Kota Banyuwangi ada dua lokasi, sekarang masih penanganan," katanya.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi Yustoto Windiarto mengatakan angin kencang ini disebabkan karena pumpunan angin. Di mana angin bertekanan tinggi berembus menuju angin bertekanan lebih rendah.

Angin kencang ini akan berlangsung selama dua hari berpotensi menyebabkan banjir rob. Cuaca juga diprakirakan hujan.

"Waspadai meningkatnya kecepatan angin. Waspadai potensi banjir rob. Untuk wilayah Banyuwangi diprediksi terjadi pada malam hari bersamaan pasang air laut maksimum sekitar jam 21.00 WIB. Masyarakat pesisir dan nelayan tambak dihimbau waspada dan mengantisipasinya," ujar Yustoto terpisah.