Warga OKU Sumsel Ayo Vaksin COVID Lagi, Kini Stok Sudah Bertambah 1.200 Dosis
Ilustrasi-(Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

OKU - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menerima sebanyak 1.200 dosis vaksin COVID-19 jenis Pfizer untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi dosis primer dan penguat (booster) bagi masyarakat.

"Ada sebanyak 1.200 dosis vaksin COVID-19 jenis Pfizer yang kami terima dari Palembang pada Jumat petang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan OKU, Andi Prapto di Baturaja, Antara, Minggu, 6 November. 

Dia mengatakan, tambahan dosis vaksin ini untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi masyarakat yang sempat tertunda sejak pekan terakhir pada periode Oktober 2022.

"Selama sepekan pemberian vaksinasi untuk dosis 1, 2 dan 3 sempat tertunda karena stoknya habis. Alhamdulillah sekarang kami sudah mendapat pengiriman vaksin dari Kota Palembang sehingga program ini bisa dilanjutkan kembali," kata dia.

Ribuan dosis vaksin yang tiba di Kabupaten OKU tersebut sudah didistribusikan ke seluruh Puskesmas dan rumah sakit di wilayah itu untuk diberikan kepada masyarakat semua kelompok usia yang belum divaksinasi.

Pendistribusian vaksin ke seluruh fasilitas kesehatan dilakukan untuk mempercepat pencapaian kekebalan kelompok bagi seluruh masyarakat agar terhindar dari virus corona.

Untuk mempercepat proses vaksinasi pihaknya mengerahkan sebanyak 120 tenaga vaksinator terlatih dari seluruh UPTD Puskesmas dan tiga rumah sakit di wilayah setempat agar program tersebut berjalan optimal.

Berdasarkan data, cakupan program vaksinasi di Kabupaten OKU secara keseluruhan per 4 November 2022 yaitu untuk dosis pertama mencapai 83,1 persen dan 68,3 persen tahap kedua dari 310.983 jiwa target sasaran.

"Untuk realisasi pemberian vaksin booster dosis pertama baru 22,1 persen dan dosis kedua nakes 37,52 persen," ujar Andi.

Dinas Kesehatan Kabupaten OKU menerima tambahan dosis vaksin COVID-19 dari Palembang. ANTARA/