198.624 Orang di Kabupaten OKU Sumsel Sudah Terima Vaksin COVID-19 Lengkap
Ilustrasi vaksinasi COVID-19. (Antara)

Bagikan:

OKU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan melaporkan total warganya yang sudah mendapat vaksin COVID-19 lengkap dosis pertama dan kedua sebanyak 198.624 orang.

Pelaksana Tugas Kepala Dinkes OKU Andi Prapto mengatakan, cakupan program vaksinasi di daerah itu hingga saat ini mencapai 91,20 persen dosis pertama dan 73,58 persen untuk dosis kedua dari 269.955 target sasaran.

"Capaian ini melebihi target nasional yang ditetapkan pemerintah pusat yaitu sebesar 70 persen untuk setiap daerah," katanya di Baturaja, Jumat 8 April, dikutip dari Antara.

Hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh pihak terkait seperti Polres OKU, Kodim 0403 hingga BIN Daerah Sumsel yang turut menyukseskan vaksinasi di OKU.

Bahkan, mereka bekerja keras mengajak warga untuk divaksin dengan jemput bola hingga ke desa-desa agar mencapai target sasaran yang ditetapkan pemerintah.

Namun, Andi mengakui untuk cakupan vaksin penguat di daerah itu masih tergolong rendah yaitu baru 5,4 persen dari target sasaran.

Oleh sebab itu, saat ini pemerintah daerah menggenjot vaksinasi penguat melalui upaya jemput bola hingga ke desa-desa agar masyarakat lebih mudah mendapat vaksin COVID-19 guna menangkal penyebaran virus Corona.

Apalagi, momentum Ramadhan tahun ini diyakini animo masyarakat meningkat untuk divaksin mengingat vaksin penguat menjadi syarat bagi pelaku perjalanan mudik Lebaran.

"Awal Ramadhan permintaan vaksin penguat sempat meningkat, namun sayangnya stok vaksin di OKU habis. Sekarang sudah kami ajukan penambahan ke pemerintah provinsi dan mudah-mudahan segera didistribusikan," tandasnya.