Ada Pemilih Tempelkan Foto Artis Korea di Kolom Kosong Surat Suara Pilkada Kediri
Surat suara Pilkada Kediri yang ditempeli stiker artis Korea (Foto: dokumentasi Bawaslu)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan kejadian unik saat penyelenggaraan pemungutan suara Pilkada 2020. Salah satunya, ada pemilih yang sengaja menempelkan foto artis Korea di kolom kosong pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri.

Diketahui, memang hanya terdapat satu pasangan calon kepala daerah di Kabupaten Kediri, Hanindhito Himawan Pramana dan pasangannya Dewi Mariya Ulfa. Dalam surat suara, kolom foto Hanindhito disandingkan dengan kolom kosong. Hanindhito merupakan anak dari Menteri Sekretaris Negara, Pramono Anung.

"Ada pemilih yang menempelkan gambar di kolom kosong pada surat suara paslon tunggal. Itu foto artis Korea, sepertinya, saya juga tidak kenal," kata Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin dalam siaran langsung YouTube Bawaslu RI, Rabu, 9 Desember.

Selain itu, Bawaslu juga menemukan adanya surat suara yang dicontreng menggunakan pulpen oleh pemilih dan bukan dicoblos, sertifikat berita acara yang tertukar di Kabupaten Bangka Tengah dengan Kabupaten Pesisir Barat, hingga logistik rusak akibat cuaca buruk seperti hujan dan banjir.

"Itu beberapa kejadian menarik selain kejadian-kejadian spesifik seperti ditemukannya tangkap tangan terkait politik uang dan lain-lain. itu nanti kami akan menyampaikan setelah proses-proses klarifikasi dan pemeriksaan dilakukan," ungkap Afif.

Terkait dengan pelanggaran politik uang, Bawaslu mendapat 109 laporan dan 96 temuan. Sebanyak 34 kasus dugaan politik uang diteruskan ke penyidik, 55 kasus masih proses di pengawas pemilu, dan 116 kasus dihentikan.