150 Rumah Warga di Aceh Timur Terendam Banjir, BPBD Siaga untuk Penanganan Tanggap Darurat
Banjir menyebabkan permukiman warga tergenang di Desa Pante Labu, Kecamatan Bireum Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, Jumat (4/11/2022). 

Bagikan:

JAKARTA - Banjir telah menyebabkan 150 rumah warga tergenang di Desa Jambo Labu, Kecamatan Bireum Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.
 
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Timur Ashadi mengatakan, banjir dipicu hujan lebat beberapa hari terakhir ini dan membuat air sungai meluap, membanjiri permukiman warga. 
 
"Banjir sudah mencapai sebetis orang dewasa," kata Ashadi di Aceh Timur, dikutip dari Antara, Jumat, 4 November. 
 
​​​​​​Menurut Ashadi, banjir belum sampai memaksa warga mengungsi. Warga yang lingkungannya kebanjiran masih bertahan di rumah masing-masing. Namun, dia mengingatkan warga untuk meningkatkan kewaspadaan serta segera mengungsi jika tinggi genangan terus meningkat.
 
"Kami terus memantau perkembangan banjir serta menyiagakan personel, termasuk menyiapkan penanganan tanggap darurat serta kebutuhan pengungsian jika ada masyarakat mengungsi," kata Ashadi.
 
Mengenai banjir yang terjadi di daerah pedalaman Simpang Jernih, Ashadi mengatakan bahwa saat ini genangan sudah surut.
 
"Laporan terakhir yang kami terima, banjirnya berangsur surut. Namun, informasi dari tenaga kesejahteraan sosial yang kami terima melalui sambungan telepon debit air sungai di Simpang Jernih meningkat," kata Ashadi.
 
 
"Kami mengimbau masyarakat Simpang Jernih tetap tenang dan tidak panik. Segera melapor dan mengungsi ke tempat lebih tinggi jika terjadi banjir lagi. Tim juga sudah dikerahkan ke lokasi membantu penanganan jika terjadi banjir susulan," ia menambahkan.