Ternate Digoyang 2 Kali Gempa Berkekuatan M 5 Pagi Ini, BMKG Pastikan Tak Picu Tsunami
Ilustrasi gempa. (Pixabay)

Bagikan:

TERNATE - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 5 mengguncang wilayah Ternate, Maluku Utara, pada Jumat 4 November pagi.

Mengutip laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi itu terjadi sekitar pukul 04.29 WIB.

Pusat gempa berada di laut 79 km barat daya Ternate pada koordinat 0.58 Lintang Utara-126.68 Bujur Timur.

Dengan kedalaman mencapai 35 kilometer, BMKG memastikan gempa Ternate tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa dirasakan hingga daerah sekitarnya, yakni Ternate dengan skala II-III diukur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI).

Pada hari yang sama, sekitar pukul 01.46 WIB, gempa bumi berkekuatan M 5,5 mengguncang wilayah Saumlaki, Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku.

Pusat gempa berada di laut 158 km barat laut Maluku Tenggara Barat pada koordinat 6.67 Lintang Selatan-130.71 Bujur Timur.

Gempa dengan kedalaman gempa 94 kilometer ini juga tidak berpotensi tsunami.

Getaran gempa dirasakan hingga daerah sekitarnya, yakni Saumlaki dengan skala III-IV diukur dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI).

Secara geografis, Indonesia merupakan negara yang termasuk bagian dari lintasan The Pasific Ring of Fire (Cincin Api Pasifik), yaitu suatu lintasan di mana terdapat deretan gunung api sehingga sering terjadi gempa.