Iran Ambil Langkah Tegas Hadapi Pengunjuk Rasa, Presiden Raisi Tegas Prioritaskan Keamanan
Presiden Iran Ebrahim Raisi. (Wikimedia Commons/Tasnim News Agency/Amir Sadeghian)

Bagikan:

JAKARTA - Protes di Iran memasuki fase yang lebih keras pada Hari Minggu, ketika para siswa, yang menentang ultimatum oleh Pengawal Revolusi (IRGC) dan peringatan dari presiden, disambut dengan gas air mata dan tembakan dari pasukan keamanan, video media sosial menunjukkan.

Konfrontasi di lusinan universitas memicu ancaman tindakan keras yang lebih keras dalam demonstrasi minggu ketujuh yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini (22), setelah dia ditangkap oleh polisi moral karena pakaian yang dianggap tidak pantas.

"Keamanan adalah garis merah, dan kami tidak akan membiarkan musuh menerapkan dengan cara apa pun rencananya untuk merusak aset nasional yang berharga ini," tegas Presiden Ebrahim Raisi, menurut media pemerintah, melansir Reuters 31 Oktober.

Warga Iran dari semua lapisan masyarakat telah turun ke jalan sejak kematian Amini, dalam protes yang menurut para ulama membahayakan keamanan pemerintah Teheran.

Pihak berwenang menuduh musuh bebuyutan Islam Iran Amerika Serikat dan Israel dan agen lokal mereka berada di belakang kerusuhan untuk mengacaukan negara.

Apa yang dimulai sebagai kemarahan atas kematian Amini pada 16 September, telah berkembang menjadi salah satu tantangan terberat bagi penguasa ulama sejak revolusi 1979, dengan beberapa pengunjuk rasa menyerukan kematian Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Komandan tertinggi Pengawal Revolusi Iran (IRGC) mengatakan kepada pengunjuk rasa, Sabtu (lalu) akan menjadi hari terakhir mereka turun ke jalan, peringatan paling keras dari otoritas Iran.

Namun demikian, video di media sosial, yang tidak dapat diverifikasi, menunjukkan konfrontasi antara mahasiswa dan polisi anti huru hara dan pasukan Basij pada Hari Minggu di universitas-universitas di seluruh Iran.

Satu video menunjukkan seorang anggota pasukan Basij menembakkan senjata dari jarak dekat ke mahasiswa yang memprotes di cabang Universitas Azad di Teheran. Suara tembakan juga terdengar dalam video yang dibagikan oleh kelompok hak asasi HENGAW dari protes di Universitas Kurdistan di Sanandaj.

Video dari universitas di beberapa kota lain juga menunjukkan pasukan Basij menembaki mahasiswa.

Di seluruh negeri, pasukan keamanan mencoba memblokir mahasiswa di dalam gedung universitas, menembakkan gas air mata dan memukuli pengunjuk rasa dengan tongkat. Para siswa, yang tampaknya tidak bersenjata, mendorong mundur, dengan beberapa meneriakkan "Basij yang tidak terhormat tersesat" dan "Matilah Khamenei".

Sementara itu, media sosial melaporkan penangkapan setidaknya selusin dokter, jurnalis dan artis sejak Sabtu. Kantor berita aktivis HRANA mengatakan, 283 pengunjuk rasa telah tewas dalam kerusuhan sampai Hari Sabtu, termasuk 44 anak di bawah umur. Sekitar 34 anggota pasukan keamanan juga tewas.

Lebih dari 14.000 orang telah ditangkap, termasuk 253 mahasiswa, dalam protes di 132 kota besar dan kecil, dan 122 universitas, katanya.

IRGC dan pasukan Basij yang berafiliasi dengannya telah menghancurkan perbedaan pendapat di masa lalu. Mereka mengatakan pada Hari Minggu, "penghasut" menghina mereka di universitas dan di jalan-jalan, dan memperingatkan mereka mungkin menggunakan lebih banyak kekuatan jika kerusuhan anti-pemerintah berlanjut.

"Sejauh ini, Basiji telah menahan diri dan mereka bersabar," kata kepala Pengawal Revolusi di Provinsi Khorasan Junubi Brigadir Jenderal Mohammadreza Mahdavi, seperti dikutip oleh kantor berita negara IRNA.

"Tapi itu akan di luar kendali kita, jika situasinya terus berlanjut," tandasnya.