KM Cantika Diduga Angkut Ratusan Penumpang Terbakar di Perairan Kupang, SAR Menuju Lokasi
Sejumlah penumpang keluar dari Kapal Motor Cantika 77 saat mengalami kebakaran di Perairan Kupang, NTT, Senin (24/10/2022). FOTO ANTARA/Screenshot video

Bagikan:

NTT - Kapal Motor (KM) Cepat Cantika 77 terbakar di perairan Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kapal tujuan Kupang-Alor itu diduga mengangkut ratusan penumpang.

Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan NTT, Isak Nuka, mengatakan upaya penyeleamatan saat ini sedang dilakukan oleh petugas SAR.

"Saat ini tim SAR sedang dalam perjalanan menuju lokasi kejadian," katanya ketika dikonfirmasi, Senin 24 Oktober.

Isak menambahkan, koordinasi penyelamatan terus dilakukan, dengan menghubungi KM Cantika dari Sabu Raijua dan kapal yang berada di dekat lokasi kebakaran.

Jumlah pasti penumpang kapal tersebut belum diperoleh tim SAR. Isak bilang pihaknya saat ini fokus pada koordinasi penyelamatan terhadap para penumpang.

Kapal Cantika berangkat dari Pelabuhan Tenau Kupang pada pukul 13.30 WITA. Dalam perjalanan di sekitar perairan Kupang, antara Pulau Kera dan pulau Timor, kapal itu dilaporkan terbakar. Laporan tersebut disertai dengan sejumlah video yang dikirimkan ke sejumlah grup Whatsapp.

Dalam video tersebut sejumlah penumpang kapal sudah menggunakan pelampung dalam keadaan panik. Terdapat pula anak-anak dan balita yang digendong oleh orang tua mereka.

Sementara itu, SAR Kupang saat ini sedang dalam perjalanan mengirimkan personel penyelamatan ke lokasi kebakaran. Mereka sudah jalan sekitar 15 menit yang lalu.

KM Cantika diketahui merupakan salah satu kapal cepat yang menjadi moda transportasi laut bagi warga di NTT.