Komite Ahli Rekomendasikan Vaksin COVID-19 Jadi Program Vaksin Gratis Tahunan untuk Anak-anak
Ilustrasi vaksinasi anak. (Wikimedia Commons/SELF Magazine)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah komite ahli pada Hari Rabu merekomendasikan agar vaksin COVID-19 menjadi bagian dari program vaksin Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat untuk anak-anak, yang menyediakan banyak jenis inokulasi gratis kepada jutaan anak setiap tahun.

Saat ini, semua vaksin COVID-19 saat ini disediakan gratis di Amerika Serikat oleh pemerintah federal. Namun, ketika keadaan darurat kesehatan masyarakat AS diperkirakan akan berakhir pada awal 2023, pasar swasta akan mengambil alih distribusi vaksin dan perawatan COVID-19.

Rekomendasi komite memungkinkan untuk didistribusikan oleh Program Vaksin untuk Anak-anak di bawah pedoman vaksin COVID CDC saat ini, yaitu untuk semua anak di atas usia 6 bulan untuk divaksinasi. Sementara, mereka yang berusia 5 tahun ke atas menerima dosis booster.

Selama pertemuan penasihat, pejabat kesehatan menekankan, mereka tidak memberikan suara untuk menambahkan suntikan COVID-19 ke jadwal vaksinasi tahunan CDC.

Mereka mengatakan, ini adalah langkah ke arah itu, tetapi tidak menjelaskan langkah-langkah tambahan atau garis waktu untuk langkah semacam itu, melansir Reuters 20 Oktober.

Di Amerika Serikat, CDC menetapkan jadwal target vaksinasi berdasarkan usia dan negara bagian, memutuskan vaksin mana yang wajib untuk masuk sekolah.

Diketahui, saat ini hanya sekitar sepertiga anak usia sekolah yang telah divaksinasi untuk COVID-19 di Amerika Serikat