Survei IPS: Prabowo Subianto Masih Kokoh di Puncak Survei dengan 30,7 Persen
Prabowo Subianto/DOK via ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga survei nasional Indonesia Polling Stations (IPS) merilis hasil survei terbaru elektabilitas calon presiden 2024. Hasilnya, elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto masih berada di posisi puncak sebagai capres yang berpotensi memenangi kontestasi Pilpres 2024 mendatang. 

"Prabowo Subianto sendiri tetap kokoh di puncak survei dengan 30,7 persen," ujar Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto dalam paparan rilis surveinya secara daring, Rabu, 19 Oktober. 

Sementara di posisi kedua ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 20,5 persen.

Sedangkan, Anies Baswedan yang baru saja dideklarasikan sebagai capres Partai Nasdem menempati peringkat ketiga dengan elektabilitas sebesar 17,5 persen.

Di peringkat keempat, ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 8,2 persen, dan posisi kelima, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 5,2 persen. 

Survei IPS

Disusul Menteri BUMN Erick Thohir di peringkat keenam dengan elektabilitas sebesar 4,8 persen. Diposisi ketujuh, ada Menparekraf Sandiaga Uno dengan elektabilitas sebesar 2,3 persen. 

Kedelapan Airlangga Hartarto sebesar 2,1 persen dan Kesembilan Ketua DPR Puan Maharani dengan 2 persen. Kesepuluh muncul nama Moeldoko dengan elektabilitas sebesar 1,9 persen. Dan di posisi terakhir, ada Ketum PKB Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas sebesar 1 persen.

"Undecided voters (responden yang belum memutuskan pilihan) sebesar 3,7 persen," sambung Alfin.

Survei IPS ini dilakukan pada periode 7-17 Oktober 2022 melalui wawancara tatap muka langsung dengan bantuan pengisian kuisioner. Melibatkan 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi Indonesia.

Teknik pengambilan sampel sendiri menggunakan metode multistage random sampling. Adapun, margin of error yang digunakan sebesar +/-2,83 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.