Bagikan:

MAKASSAR - Buaya yang muncul di Pampang, Panakkukang, Makassar terekam video jadi mainan anak-anak. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulawesi Selatan (Sulsel) meminta agar warga tak mengganggu buaya muara tersebut.

"Buaya yang di Pampang juga sebenarnya kan sudah banyak keluhan ke kami, juga untuk minta dievakuasi. Tapi kalau secara, faktanya memang habitatnya buaya di situ," kata anggota tim Humas BKSDA Sulsel, Rudi Ashadi, dihubungi VOI.

BKSDA belum belum bisa menangkap buaya tersebut. Kecuali buaya tersebut masuk ke permukiman warga.

"Kalaupun ditangkap namanya kan di situ, sarang tempat hidupnya di situ. Kecuali sudah masuk di permukiman itu masih bisa kita tangkap," ujarnya. 

Rudi mengimbau agar warga menghindari dan tidak menganggu buaya muara yang sering muncul di perairan Pampang. Selain itu pihaknya akan melakukan pemasangan papan imbauan agar tidak mendekati buaya muara yang sering muncul untuk menjaga keberlangsungan hidup buaya muara.

"Di situ kemungkinan bukan cuma 1 ekor, langkah awal dari kami itu akan sosialisasi di sana terkait masalah buaya itu. Terus pasang papan peringatan untuk masyarakat agar tidak mendekat ke lokasi itu, karena tempat hidupnya, karena anak anak di sana saya dapat videonya dia ganggu (buaya),” jelas Rudi.

Dari video yang disebar di akun Instagram informasi daerah, tampak sejumlah anak mendekati buaya Pampang. Ada yang memukul-mukul dengan batang kayu ke buaya.