IGK Manila: Solusi FIFA dan Upaya Erick Thohir Harus Kita Dukung
Menteri BUMN, Erick Thohir saat bertemu dengan Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Gianni Infantino. (Foto: Instagram @erickthohir)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan manajer timnas Indonesia di SEA Games 1991, IGK Manila meminta agar seluruh stake holder sepakbola Indonesia menghargai dan mendukung solusi yang diajukan FIFA mereformasi sepakbola Indonesia.

Ia juga menambahkan, langkah cepat pemerintah dan Erick Thohir dalam mengantisipasi kebijakan FIFA pasca-Tragedi Kanjuruhan sudah tepat sehingga tidak berdampak berkepanjangan.

"Kita harus bersyukur karena, istilahnya, FIFA hanya memberikan kartu kuning berkat upaya yang dilakukan Erick Thohir saat bertemu dengan Presiden FIFA. Saya tahu latar belakang Pak Erick di olahraga yang pernah punya klub olahraga, Ketua KOI, Chef de Mission, dan Ketua Pelaksana Asian Games 2018, sehingga Pak Erick tahu benar apa yang harus dilakukan dan jalan keluarnya," ujar IGK Manila di Jakarta, Senin 10 Oktober.

Pria yang akrab disapa Engkong itu menyatakan bahwa tidak mudah melakukan lobi dengan FIFA yang punya wewenang sangat besar di kancah internasional.

"Dalam bahasa saya, FIFA itu kayak malaikat dengan kuasa yang sangat besar. Jadi ketika FIFA mau berkomunikasi dan ikut mencari solusi, serta berkantor di Jakarta, maka apa yang dilakukan Erick sungguh luar biasa. Jadi pilihan Pak Jokowi dengan meminta Erick untuk berbicara dengan FIFA sudah tepat," tambah mantan manajer Persija tahun 2001 itu.

Terkait dengan rencana FIFA membentuk tim reformasi dan berkantor di Indonesia, bahkan dijadwalkan melihat kondisi Stadion Kanjuruhan, Malang, IGK Manila melihat hal itu sebagai bentuk perhatian serius dan berharap seluruh stakeholder mau memberikan informasi secara jelas dan benar.

"Tim pencari fakta harus berani mengungkapkan apa yang terjadi. Begitu pula pemerintah, dalam hal ini Kemenpora dan juga PSSI serta supporter harus memberikan informasi detail dan masukan konkret agar hasil evaluasi FIFA tetap memberikan kartu kuning ke kita. Dengan potensi sepakbola yang ada di Indonesia, saya optimistis FIFA pasti membantu Indonesia," ujar IGK Manila.