Ketua PSSI Bertemu FIFA Bahas PD U-20, PDIP Doakan dan Harap Ada Solusi Terbaik
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto/DOK FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto berharap pertemuan Ketua PSSI Erick Thohir dan FIFA untuk membahas Piala Dunia U-20 dapat berakhir terbaik. Keberangkatan Menteri BUMN itu dinilai sebagai upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melobi federasi tersebut

"Ini adalah satu kesatuan solusi sehingga kita tunggu dan doakan semoga membawa solusi terbaik," kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 29 Maret.

Hasto bilang polemik soal Israel main di Piala Dunia U-20 ini, harusnya menjadi pelajaran. Salah satunya, adanya sikap konsisten membela kemerdekaan Palestina dan mengutuk antikemanusiaan Israel.

Lagipula, politik, olahraga, dan pergaulan antar bangsa tak bisa dikesampingkan begitu saja dan FIFA diharap memahami.

"Kami meyakini bahwa FIFA juga memahami seluruh aspirasi yang berkembang. Bahwa standar kemanusiaan untuk Rusia juga diterapkan bagi Israel," tegasnya.

"Jadi sekali lagi kita doakan agar semua pihak termasuk FIFA dapat bijak di dalam mengambil keputusan. Seluruh pro dan kontra sudah dipahami oleh Pak Presiden dan kita harapkan hasil yang terbaik," sambung Hasto.

Polemik penolakan Timnas Israel ikut bertanding di Piala Dunia U20 yang berlangsung di Indonesia mengalir dari kepala daerah, partai, hingga ormas. Tak sedikit juga suporter klub sepak bola lokal di Tanah Air serupa menentang.

Akibatnya dari polemik itu, agenda undian fase grup Piala Dunia U20 yang sedianya digelar di Bali dibatalkan FIFA.

Saat ini, Erick Thohir yang baru dipilih menjadi Ketua Umum PSSI pada 16 Februari lalu, terbang ke Swiss. Menteri BUMN itu sedang melakukan pendekatan dengan FIFA agar Indonesia tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023.