MER-C soal Surat Tes Swab Rizieq Shihab: Privasi Pasien
DOKUMENTASI VOI/Rizieq Shihab (Foto: Diah Ayu W)

Bagikan:

JAKARTA -  Beredar surat hasil pemeriksaan laboratorium tes swab yang menyatakan Rizieq Shihab positif atau terpapar COVID-19. Dalam keterangan di surat ini, hasil tes dilaporkan oleh organisasi kesehatan MER-C.

Saat dikonfirmasi, Ketua Presidium MER-C, Sarbini Abdul Murad tak bicara lugas soal kebenaran isi surat tersebut. Yang jelas, Sarbini menyebut semua hasil swab adalah privasi pasien.

"Itu semua privasi pasien dan MER-C tidak berhak mengumumkan hasil lab atau rahasia penyakit pasien," kata Sarbini saat dikonfirmasi, Rabu, 2 Desember.

Sarbini menegaskan pihahnya juga tidak pernah mengeluarkan dan menyebar hasl lab tes real time polymerase chain reaction (RT-PCR) Rizieq. Menurutnya, kerahasiaan itu masuk dalam kode etik profesi kedokteran.

"Yang pasti, MER-C tidak pernah mengeluarkan hasil lab Habib Rizeq. Kode etik kedokteran seperti itu. Itu semua hak pasien atau keluarga," ujar dia.

Sebelumnya, beredar foto berisi keterangan hasil tes swab yang dinyatakan positif COVID-19 yakni Muhammad R. Shihab. Tes usap itu dilakukan pada 27 November.

Soal foto yang beredar, Ketua Persaudaraan Alumni atau PA 212 Slamet Maarif membantah kebenaran isi surat. Dia menegaskan jika foto itu tidaklah benar.

"Hoaks," ujar Slamet kepada VOI, Selasa, 1 Desember.

Slamet juga mengatakan, hasil tes usap yang tertera pada foto berbeda dengan hasil sebenarnya. Hal itu diketahui setelah mengkonfirmasi langsung kepada Rizieq.

"Sudah konfirmasi dengan IB HRS (Imam Besar Habib Rizieq Shihab)," kata dia.