Pemilik Gandaria City dan Kokas Tak Terpengaruh Pandemi: Resmikan Pakuwon City Mall di Surabaya Senilai Rp752 Miliar
Pakuwon City Mall (Foto: Dok. Pakuwon Jati)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi COVID-19 berhasil memukul hampir seluruh sektor bisnis, tak terkecuali properti. Namun demikian, di tengah tekanan hebat pandemi, perusahaan properti PT Pakuwon Jati Tbk justru semakin ekspansif dengan membeli beberapa aset bernilai triliunan rupiah.

Emiten berkode saham PWON tersebut baru saja mengumumkan pembelian tiga aset properti, yakni Hartono Mall di Yogyakarta dan Solo, serta Marriott Hotel Yogyakarta. Pakuwon menggelontorkan duit Rp1,36 triliun untuk aksi korporasinya tersebut.

Tak hanya itu, perusahaan yang berdiri di Jawa Timur sejak tahun 1982 tersebut belum lama ini meresmikan salah satu portofolio properti miliknya. Pada 20 November 2020 lalu, mereka meresmikan Pakuwon City Mall, yang terletak di Surabaya.

Adapun proyek ini merupakan perluasan sekaligus re-branding dari East Coast Mall yang sudah beroperasi sejak Oktober 2010 di Pakuwon City Surabaya.

Peresmian mal itu pun semakin memperkuat daftar portofolio recurring income Pakuwon. Direktur dan Corporate Secretary Pakuwon Jati, Minarto Basuki mengatakan bahwa dengan beroperasionalnya Pakuwon City Mall ini, maka jumlah total Net Lettable Area (NLA) retail mall di bawah portofolio PT Pakuwon Jati Tbk akan menjadi 663 ribu meter persegi.

"Total nilai konstruksi di luar tanah Pakuwon City Mall dan Tower Amor sebesar Rp752 miliar," ujar Minarto, dikutip VOI dari keterangan resminya, Rabu 2 Desember.

Dijelaskan, Pakuwon City Mall ini menjadikan perseroan memiliki satu lagi pengembangan berskala superblok di kawasan Pakuwon City township. Pakuwon City Mall berdiri di atas tanah seluas 4,1 hektare dan terintegrasi dengan 46 ribu m2 retail mall (termasuk 15 ribu m2 retail mall tahap 3 yang direncanakan dibangun tahun 2021), Pakuwon Town Square sebagai pusat komersial untuk kantor dan shophouse, Food Festival sebagai tujuan wisata kuliner serta tiga tower apartemen di atas Pakuwon City Mall. 

Tower Amor, yang pertama sudah terjual 87 persen dari 1.500 unit dan sedang dalam persiapan untuk handover kepada para pembeli. Tower Bella terjual 35 persen dari total 825 unit dan tower ketiga dalam perencanaan untuk diluncurkan tahun 2022.

Pakuwon City Mall akan memiliki internal catchment yang kuat dengan 3 tower apartemen di atas (total 3.100 unit) plus keberadaan 4 tower apartemen Educity (3.520 unit) yang hanya berjarak 300 meter dari Pakuwon City Mall yang sudah terjual 100 persen dan beroperasi penuh.

Sebagai informasi, Pakuwon Jati merupakan pengembang properti yang mempunyai portofolio pusat perbelanjaan seperti Tunjungan Plaza Mall, Pakuwon City Mall, Royal Plaza, Food Junction Grand Pakuwon, Pakuwon Town Square, Food Festival, Pakuwon Trade Center, Pakuwon Mall. Ini semuanya ada di Surabaya.

Sementara di Jabodebek, Pakuwon mempunyai Blok M Plaza, Gandaria City, Kota Kasablanka (Kokas) Mall, dan Pakuwon Mall Bekasi. Adapun dengan diakuisisinya Hartono Mall Yogyakarta dan Hartono Mall Solo Baru, Pakuwon mencoba berkekspansi ke wilayah Jawa Tengah.