Rusia Kalah Dalam Pertempuran, Kementerian Pertahanan Dikritik: Singgung Bunuh Diri Menhan, Copot Pangkat Pejabat Senior
Presiden Rusia Vladimir Putin memimpin koordinasi dengan Menteri Pertahanan dan para pejabat militer senior. (Twitter/@mod_russia)

Bagikan:

JAKARTA - Pejabat Rusia di Ukraina pada Hari Kamis menyarankan Menteri Pertahanan negara itu harus mempertimbangkan untuk bunuh diri, karena rasa malu atas kekalahan dalam perang Ukraina.

Setelah lebih dari tujuh bulan perang di Ukraina, tujuan perang paling dasar Rusia masih belum tercapai, sementara pasukan Rusia telah menderita serangkaian kekalahan medan perang dalam beberapa bulan terakhir, memaksa Presiden Putin mengumumkan mobilisasi parsial.

Dalam pesan video berdurasi empat menit, Kirill Stremousov, wakil kepala wilayah Kherson yang dilantik Rusia, secara terbuka mengecam jenderal dan menteri di Moskow karena gagal memahami masalah di garis depan.

"Memang, banyak yang mengatakan: jika mereka adalah menteri pertahanan yang membiarkan keadaan seperti itu, mereka bisa, sebagai perwira, menembak diri mereka sendiri," kata Stremousov, 45 tahun, melansir Reuters 7 Oktober.

"Tapi Anda tahu kata 'petugas' adalah kata yang tidak bisa dipahami banyak orang," tandasnya.

Namun, yang terpenting, kritikus menyalahkan kementerian Shoigu karena kalah dalam pertempuran kunci untuk Kyiv, Kharkiv, Lyman dan di wilayah Kherson.

putin dan shoigu
Menteri Pertahanan Sergei Shoigu bersama Presiden Vladimir Putin. (Sumber: Kremlin.ru)

Stremousov membubuhi kritiknya dengan kata-kata pujian untuk para prajurit yang berdiri sampai mati untuk membela negara mereka, membandingkan kepahlawanan mereka dengan "pemimpin militer yang tidak kompeten" di Moskow.

"Kementerian Pertahanan tidak hanya terdiri dari menteri, jenderal, penjarah korup dan berbagai sampah lainnya, tetapi semua pahlawan yang memberikan hidup mereka untuk membela Rusia," kritiknya.

"Katakanlah ini: Kementerian Pertahanan tidak hanya terdiri dari menteri, jenderal, perampok korup dan berbagai sampah lainnya, tetapi semua pahlawan yang memberikan hidup mereka hari ini, yang berdiri sampai akhir," tukas Stremousov.

Kecaman publik dan penghinaan terhadap panglima militer Putin sangat jarang terjadi di Rusia. Tetapi, serangkaian kekalahan di medan perang Ukraina telah mendorong beberapa sekutu presiden untuk menegur para jenderal tinggi.

putin shoigu
Vladimir Putin didampingi Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Panglima Militer rusia Valery Gerasimov. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/Пресс-служба Президента Российской Федерации)

Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov dan Yevgeny Prigozhin, pendiri Kelompok tentara bayaran Wagner, juga mencemooh para jenderal, dengan mengatakan militer penuh dengan nepotisme. Perwira senior harus dicopot dari pangkat mereka, dikirim ke garis depan tanpa alas kaki untuk menebus dosa-dosa mereka.

Sebelumnya, banyak nasionalis Rusia berulang kali mengkritik Shoigu dan jenderal-jenderal utamanya untuk segala hal, mulai dari perencanaan yang buruk dan logistik yang dangkal, hingga taktik yang ketinggalan zaman dan kalah dalam perang informasi meskipun ada investasi besar-besaran di bawah Presiden Putin.

Pekan lalu, dua pensiunan jenderal yang sekarang menjabat sebagai anggota Duma Negara dari partai Rusia Bersatu pimpinan Presiden Putin melontarkan kritik pedas, kementerian pertahanan melakukan korupsi dan ketidakjujuran.

Tidak jelas apakah kritik itu dikoordinasikan, meskipun itu menimbulkan masalah bagi Presiden Putin selama titik penting dalam perang: mengorbankan sekutu dekat dan mengakui militer telah gagal, atau membiarkan Shoigu dan mengambil risiko menyalahkan dirinya sendiri.

Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, salah satu sekutu terdekat Putin, diangkat pada tahun 2012. Hubungan mereka begitu dekat, secara teratur menghabiskan liburan bersama di hutan dan pegunungan Tuva, tempat asal Shoigu.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak menanggapi permintaan tertulis untuk memberikan komentar.