DKI Bangun Toko Produk UMKM Khas Jakarta di Taman Budaya Dukuh Atas
Wagub DKI Jakarta Riza Patria/FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meresmikan ground breaking pembangunan toko yang menjual produk UMKM khas Jakarta bernama Karya Kreasi Orang Jakarta (KKOTA) Street Kiosk di Taman Budaya Dukuh Atas.

Pembangunan KKOTA Street Kiosk ditargetkan akan selesai pada akhir bulan Desember 2022.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, ground breaking KKota Street Kiosk secara resmi dimulai," kata Riza di lokasi, Rabu, 5 Oktober.

Riza menuturkan, KKOTA Street Kiosk merupakan pusat produk kreatif oleh-oleh dan suvenir khas Jakarta dan menjadi ruang pemasaran bagi karya-karya khas Jakarta yang lokasinya berdekatan dengan kawasan pejalan kaki.

"Dengan adanya KKota Street Kiosk, upaya mendekatkan produk kreativitas Jakarta di tengah masyarakat, lebih mudah, dan terjangkau. Wisatawan lokal maupun mancanegara dapat membawa makanan khas Jakarta ke tempat asal," ucap Riza.

Selain itu, KKOTA Street Kiosk juga mendukung upaya peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) yang kini digencarkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Untuk memastikan kelanjutan program P3DN diberikan dukungan dari seluruh entitas untuk memprioritaskan produk lokal dan mengenalkan produk lokal kepada dunia, khususnya DKI Jakarta," ujar dia.

 

Sementara itu, Direktur Utama PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board/JXB) Novita Dewi menuturkan bahwa KKOTA Street Kiosk tidak memproduksi suvenir khas Jakarta, melainkan hanya memasarkan produk yang dijajakan pelaku UMKM.

Pelaku UMKM harus terlebih dahulu mengajukan produknya kepada JXB. Produk-produk tersebut akan dikurasi dan diseleksi sebelum akhirnya bisa dijual di KKOTA Street Kiosk.

"Nanti skemanya kerja sama bagi hasil. Jadi, tidak harus membayar apapun ke kami tapi kita harus melakukan kurasi terlebih dahulu supaya produk-produk yang kita tawarkan kepada wisatawan memiliki kualitas yang cukup baik," ujar Novita.

Pembangunan KKOTA Street Kiosk di Dukuh Atas berbiaya Rp1 miliar yang bersumber dari anggaran penyertaan modal daerah (PMD) APBD DKI Jakarta kepada PT Jakarta Tourisindo. Selanjutnya, KKOTA Street Kiosk juga akan dibangun di Jalan Prof. Dr. Satrio, Jakarta Pusat.