Dipimpin Mahfud MD, TGIPF Investigasi Tragedi Kanjuruhan Gelar Rapat Perdana Malam Ini
Menko Polhukam Mahfud MD. (dok Kemenko Polhukam)

Bagikan:

JAKARTA - Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan akan menggelar rapat perdana untuk mengusut tuntas peristiwa memilukan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Rapat itu akan dipimpin langsung Ketua TGIPF sekaligus Menko Polhukam Mahfud MD. Rencananya rapat akan berlangsung di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat pada hari ini, Selasa 4 Oktober malam.

"Selasa jam 19.00 malam di kantor Polhukam," ujar Mahfud, dikutip Selasa, 4 Oktober.

Mahfud mengatakan, rapat TGIPF akan beragenda pemeriksaan dan memberi rekomendasi menyeluruh terkait Tragedi Kanjuruhan.

"Langkah awal memberitahu, kemudian mengundang rapat. Baru masuk ke materi," kata Mahfud MD.

Sebelumnya, sejumlah anggota DPR lintas fraksi juga mengajukan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) yang tujuannya untuk melakukan investigasi Tragedi Kanjuruhan.

Anggota Komisi III Fraksi PKB Heru Widodo yang menjadi salah satu pengusul Pansus Tragedi Kanjuruhan mengaku wacana ini telah didukung delapan Fraksi DPR hingga Senin 3 Oktober sore.

Fraksi yang menandatangani dukungan pembentukan Pansus ini di antaranya dari Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PKB, Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat, Fraksi PAN, Fraksi NasDem, dan Fraksi PKS.

Heru bilang, pihaknya akan membawa tanda tangan dukungan ini kepada pimpinan DPR untuk disahkan dalam Rapat Paripurna DPR. “Kami berharap secepatnya Pansus Kanjuruhan ini dibentuk sehingga bisa bekerja cepat di lapangan,” tuturnya saat jumpa pers di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin 3 Oktober.