Demokrat Buka Pertemuan dengan Puan, PDIP: Agak Susah, Tapi Tawaran AHY Sah-Sah Saja
Ketua bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDIP Puan Maharani terus melakukan safari politik menemui ketua-ketua umum partai politik jelang Pilpres 2024. Usai menyambangi NasDem, Gerindra dan PKB, dalam waktu dekat Puan juga dijadwalkan bertemu dengan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. 

Menyikapi safari politik Puan, Partai Demokrat pun menyatakan terbuka apabila Puan Maharani ingin melakukan pertemuan dengan Ketua Umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Namun sebaliknya, PDIP mengungkapkan, hingga saat ini belum ada rencana Puan Maharani bakal bertemu dengan AHY. 

"Belum ada arahan (Puan bertemu AHY). (jadwal pertemuan terdekat) dengan Golkar," ujar Ketua bidang Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, dikutip Sabtu, 1 Oktober.

Menurutnya, agak sulit menjawab soal langkah Demokrat yang membuka pintu bagi Puan bertemu dengan AHY. Meski begitu, dia mengatakan, hingga saat ini Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, masih memerintahkan Puan untuk menemui para ketum.

"Agak susah jawabnya. Tetapi kan perintahnya enggak pernah dicabut oleh ketua umum ke Mbak Puan. Bahwa beliau, memang diminta bertemu dengan para ketua partai," kata Pacul. 

"Kalau kemudian AHY sebagai ketua partai menawari seperti itu, ya sah-sah saja," imbuhnya. 

Sebelumnya, Partai Demokrat menyatakan membuka pintu komunikasi antara ketua umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

"Misalnya, apakah ada pertemuan dengan Mbak Puan. Apakah terbuka? Ya kita sangat terbuka. Apalagi sebagai tokoh muda," ujar Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra di kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis, 29 September. 

Namun, Herzaky tidak menjelaskan kapan rencana pertemuan antara keduanya akan digelar. Dia hanya menegaskan, AHY selama ini selalu berkomunikasi dengan tokoh parpol lainnya, termasuk Puan Maharani.

"Yang pasti Demokrat sangat terbuka. Karena bagaimanapun Mas AHY ini kan selama ini selalu menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan tokoh-tokoh bangsa lainnya, termasuk para ketum parpol," jelasnya.

"Bahkan Mas AHY sudah duluan mengunjungi Mbak Puan waktu itu di DPR RI. Jadi Mas AHY datang bersama kami, datang ke DPR mengunjungi Mbak Puan di ruang kerja beliau, Ketua DPR RI, beberapa waktu yang lalu," tambah Herzaky.