Buronan Terakhir Kelompok MIT Tewas, Kapolri: Semuanya Tuntas!
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo /FOTO: Rizky Adytia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Satgas Madago Raya melumpuhkan buronan terakhir kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT), Askar alias Pak Guru. Perburuan teroris asal Poso, Sulawesi Tengah, itu dinyatakan selesai.

"Satu DPO sisa dari kelompok MIT yang dikenali Saudara Guru ataupun Saudara Askar telah dilakukan penegakan hukum secara tegas dan terukur oleh tim kita yang melaksanakan Operasi Madago Raya," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan, Jumat, 30 September.

Askar alias Pak Guru dilumpuhkan saat proses penyergapan. Bahkan, sempat terjadi baku tembak.

Baku tembak itu terjadi di KM 13 Desa Kilo yang berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut.

Dengan telah dilumpuhkannya Askar alias Pak Gur, maka perburuan DPO MIT telah selesai. Sedianya, pencarian para buronan itu terjadi dalam kurun waktu 2021 sampai 2022.

"Semuanya sudah tuntas," ungkapnya.

Setelah rampungnya perburuan terhadap para buronan MIT itu, kepolisian ditegaskan Kapolri akan mengadakan kegiatan yang dapat mempersatukan masyarakat.

"Sehingga tidak lagi muncul paham-paham yang kemudian memunculkan keinginan-keinginan untuk melakukan gerakan-gerakan ataupun tindakan-tindakan yang tentunya tidak sesuai paham yang ideologi kita Pancasila," kata Sigit.