4 Pekerja Jalan Trans Papua Barat Dibunuh, TNI: KKB Bertindak Brutal kepada Rakyat
Kepala penerangan Kodam XVIII Kasuari Kolonel Inf. Batara Alex Bulo di Manokwari, Papua Barat, Jumat (30/9/2022). (ANTARA/Tri Adi Santoso)

Bagikan:

MANOKWARI - Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVIII/Kasuari Kolonel Inf. Batara Alex Bulo menyayangkan dan mengutuk keras penyerangan Kelompok Separatis Teroris Bersenjata (KSTB) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap rakyat sipil yang sedang mengerjakan proyek jalan Trans-Papua Barat.

Penyerangan di Kampung Mayerga, Distrik Maskona Utara, Kamis (29/9), menyebabkan empat warga sipil meninggal dunia.

"Ini semakin membuktikan bahwa KSTB bertindak semakin brutal kepada masyarakat. Padahal mereka (rakyat) tidak bersenjata sama sekali, mereka yang menjadi korban tersebut adalah masyarakat yang menjadi pekerja jalan Trans-Papua," kata Batara di Manokwari, Papua Barat dilansir ANTARA, Jumat, 30 September.

Menurut dia, proyek pembangunan jalan yang sedang dikerjakan tersebut dibangun demi kepentingan masyarakat Papua agar mempermudah akses transportasi barang dan jasa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Kalau KSTB terus melakukan teror dan ancaman kepada masyarakat, berarti KSTB-lah sebenarnya yang melakukan pelanggaran HAM berat kepada masyarakat," tegasnya.

TNI mengingatkan secara tegas agar KSTB/KKB tidak melakukan teror, ancaman, dan kekerasan terhadap masyarakat atau siapa pun.

"KSTB juga merusak kondisi keamanan daerah karena melakukan teror dan ancaman kepada masyarakat, sehingga ini wajib untuk kita basmi," katanya.

Saat ini, Satuan Tugas Batalyon infanteri RK 136/TS melakukan pengejaran dan upaya pertolongan kepada masyarakat yang menjadi korban penembakan KSTB.

"Dari suara tembakan, terindikasi KSTB menembak menggunakan senjata api, karena dari laporan masyarakat suara tembakan terdengar kencang dengan rentetan," ujarnya.