Dikunjungi Menkominfo Johnny, Rumania Berharap Bisa Kontribusi Tingkatkan Keamanan Siber di Indonesia
Menkominfo Johnny G. Plate menyambangi Rumania bertemu Menteri Riset, Inovasi dan Digitalisasi Rumania, Sebastian-Loan Burduja di Bucharest, Rabu 28 September. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate tukar pikiran dengan Menteri Riset, Inovasi dan Digitalisasi Rumania, Sebastian-Loan Burduja di Bucharest, Rumania, pada Rabu 28 September.

Keduanya membahas peluang kerja sama bidang keamanan siber dan transformasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) hulu dan hilir.

Sebastian pun berharap Rumania bisa berkontribusi terkait keamanan siber, yang menjadi salah satu perhatian serius Pemerintah Indonesia.

"Termasuk komponen siber serta keahlian kami dalam penelitian dan pengembangan pusat akademik. Kami sangat berharap untuk melanjutkan kemitraan ini," kata Sebastian, dikutip dari keterangan tertulis Kominfo, disitat Antara, Kamis 29 September.

Menurut Sebastian, Indonesia dan Rumania memiliki banyak kesamaan dalam pembangunan ekosistem digital.

"Kami memiliki chemistry yang sangat positif di sini, meskipun kami baru saja bertemu, saya pikir akan saling mendukung dan tim kami telah bekerja sama untuk waktu yang lama. Kami saling mendukung untuk pencalonan satu sama lain di Dewan Council (ITU)," ujar Sebastian.

Dalam pertemuan bilateral itu, Johnny mengatakan dibahas juga potensi-potensi membangun hubungan di sektor digital ekonomi di antara kedua negara, seperti e-commerce, fintech, edutech, dan healttech.

"Kita mempunyai dua decacorn, 14 unicorn dan ribuan digital startup yang mana Rumania juga mempunyai talenta digital yang bagus. Barangkali bisa kita kerja sama dan membangun relasi yang konkret di bidang digital, ekonomi dan radio communications," kata Johnny.

Johnny menyebutkan diskusinya dengan Menteri Rumania akhirnya menyepakati pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi di antara kedua negara.

"Kami memiliki pandangan yang sama tentang bagaimana negara-negara maju (mengembangkan ekosistem digital). Rumania dan Indonesia sepakat untuk bertukar pikiran dan mengembangkan pembangunan TIK di hulu dan hilir," ujar Johnny.

Pertemuan bilateral ini juga dihadiri Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Ismal dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Anang Latif.