Mengintip Pengamanan KTT G20 Khusus di Bali: TNI Terjunkan 8.000 Prajurit, Polri 8.191 Personel
Demo gabungan pasukan khusus TNI-Polri di Dermaga Madura Koarmada II, Surabaya pada Senin 6 Desember 2021. (dok. Penerangan AL)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam rangka kesiapan menghadapi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, TNI-Polri menerjunkan pengamanan maksimal.

Dalam kegiatan skala internasional yang digelar dari 15-16 November 2022 itu, awalnya Polri menyiapkan sekitar 6.826 personel, sedangkan Kodam IX/Udayana sekitar 6.000 personel.

Polri

Namun, tidak mau ambil risiko Mabes Polri menginstuksikan agar menambah personel polisi sebanyak 20 persen atau sebanyak 1.365 polisi. Maka total anggota Polri yang dikerahkan untuk mengamankan KTT G20 Bali mencapai 8.191 personel.

Ribuan polisi yang bakal bertugas mengamankan rangkaian KTT G20 Bali itu merupakan gabungan dari Polda Bali dan BKO Mabes Polri. Terkait personel tambahan yang dimaksud, Polda Bali mencatat kemungkinan bersumber dari pasukan cadangan.

TNI

Sedangkan Panglima Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto selaku Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah Bali untuk G20 berencana mengerahkan 6.000 prajurit untuk membantu Polri mengamankan kegiatan KTT G20 di Bali.

Untuk kekuatan di wilayah Bali, Kodam IX/Udayana sekitar 6.000 personel. Pasukan itu yang nanti digelar untuk satgas pengamanan wilayah.

Di luar jumlah itu, Kodam IX/Udayana bakal mengerahkan 2.000 prajurit untuk Satgas Evakuasi Bencana bertugas siaga mengantisipasi bencana alam yang terjadi secara tiba-tiba saat pelaksanaan KTT G20.

Ilustrasi anggota TNI Polri. (Antara-M Risyal H)

Selain itu, dibentuk juga Satgas Evakuasi Bencana yang dipimpin langsung oleh Kasdam IX/Udayana. Pembentukan mengingat Bali memiliki 11 potensi ancaman bencana, di antaranya letusan gunung api dan tsunami.

Jadi secara keseluruhan TNI menerjunkan 8.000 personel untuk membantu Polri mengamankan rangkaian KTT G20 di Bali.

Pengamanan pintu masuk

Ribuan personel Polri di Bali itu akan menjaga ketat sejumlah titik yang menjadi pintu masuk ke Pulau Bali guna mengantisipasi potensi ancaman keamanan selama rangkaian kegiatan G20.

Polda telah menempatkan personel di titik-titik yang menjadi pintu masuk ke Pulau Dewata untuk mengawasi situasi dan memeriksa pengunjung sebagai langkah preventif.

Pintu-pintu masuk itu, berdasarkan laporan Antara, mulai dari Gilimanuk, Padangbai, Benoa, Celukan Bawang, juga di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Penempatan anggota kepolisian juga bersifat terbuka maupun tertutup yang melaksanakan operasi pengawasan, pengecekan secara rutin maupun pengamatan.

Bahkan, potensi ancaman teror juga diantisipasi Polda Bali melalui koordinasi dengan Detasemen Khusus Anti-Teror (Densus) 88 Mabes Polri. Perhatian terhadap potensi aksi terorisme tersebut menjadi bagian tidak terpisahkan dari operasi pengamanan kegiatan G20 di Bali.

Untuk masalah yang bersifat kontingensi, kejahatan-kejahatan berintensitas tinggi, Mabes Polri dan juga Densus 88 memang melakukan fungsi deteksi kantong-kantong orang-orang yang perlu diwaspadai.

Ilustrasi sejumlah prajurit TNI dan Polri. (Antara)

Isu terorisme di Bali menjadi perhatian setelah tim Densus 88 menggeledah rumah seorang terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Denpasar, Bali, 6 September 2022. Densus 88 menggeledah rumah terduga teroris berinisial FI setelah pemilik rumah ditangkap di Lumajang, Jawa Timur.

Terkait situasi itu, Polda Bali pun memberi perhatian serius terhadap seluruh potensi ancaman yang ada. Polisi juga telah menempatkan kamera pengawas (CCTV) yang dilengkapi dengan kemampuan mengenali wajah (face recognition) dan pelat nomor kendaraan (license plate recognition).

Namun, Kapolda Putu Jayan juga tetap meminta dukungan masyarakat untuk turut aktif mengawasi situasi di sekitar tempat tinggal.

Dukungan dari masyarakat sekecil apa pun informasi yang ada bisa disampaikan ke kami untuk sama-sama menjaga situasi pelaksanaan G20.

Ilustrasi mobil listrik. (VOI)

Kendaraan listrik

Selain operasi pengamanan, jajaran kepolisian dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri juga menyiapkan 264 personel pengawal tamu VVIP KTT G20 yang dilatih beradaptasi dengan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional ajang internasional tersebut.

Rencananya, pengawalan untuk pengamanan acara G20 memang menggunakan kendaraan listrik, seperti mobil dan sepeda motor, sehingga perlu pelatihan untuk mengemudi kendaraan tersebut, karena ada perbedaan signifikan antara kendaraan listrik dan kendaraan konvensional.

Apalagi terkait aspek keselamatan untuk tamu negara. Kalau kendaraan listrik itu tanpa suara, adanya indikator di dashboard.

Salah satu yang penting diketahui oleh para pengawal G20, adalah fungsi regenerative. Kendaraan listrik tidak memiliki engine brake atau perlambatan kecepatan kendaraan saat gigi (persneling) diturunkan.

Dalam kendaraan listrik ketiadaan engine brake itu digantikan dengan fungsi regenerative, yang terbagi tiga level dari satu hingga tiga. Level satu smooth (pelan), level dua lebih kuat dan level tiga kalau tidak terbiasa bisa kaget.

Meski telah menguasai segala teknis di lapangan, para pengawal itu nantinya di-BKO-kan ke Paspampres. Dengan demikian, untuk semua pengamanan akan berkoordinasi dengan Paspampres setiap negara.

Pada peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-67, Polri menyiapkan 176 kendaraan listrik yang terdiri atas 88 mobil listrik dan 88 motor listrik untuk mengamankan KTT G20 guna mengakselerasi penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Anggota patroli berkuda Polri saat Apel Gelar Pasukan Operasi Gapura Agung X-2022 di Nusa Dua, Bali, Senin 12 September. (Antara-Fikri Yusuf)

Menjelang puncak KTT G20, patroli polisi berkuda (Turangga) sering melintasi Kawasan ITDC (Indonesia Tourism Development Coporation/PT Pengembangan Pariwisata Indonesia), karena kawasan itu merupakan salah satu wilayah yang menjadi pusat kegiatan G20.

Kawasan lain akan menjadi perhatian Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Bali melalui patroli laut dalam upaya memastikan perairan laut Bali aman selama pengamanan kegiatan KTT G20.

Polda Bali akan terus melakukan patroli secara rutin, khususnya di tempat-tempat yang telah ditetapkan sebagai locus acara pertemuan G20.

Polri telah menetapkan lima kawasan prioritas pengamanan selama penyelenggaraan KTT G20, yakni di Seminyak, Jimbaran, Nusa Dua Utara, Nusa Dua Selatan, dan Sanur. Pasukan berdinas selama 10 hari, mulai 7-17 November 2022. Semuanya akan melakukan pengamanan secara ketat mulai pintu-pintu masuk hingga lokasi acara pertemuan para kepala negara anggota G20 itu.