Kemenkes Datangkan 250 Ribu Dosis Vaksin Meningitis Awal Oktober, Diprioritaskan untuk Jamaah Umrah
ILUSTRASI UNSPLASH/Mufid Majnun

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Kesehatan mendatangkan 250 ribu dosis vaksin Meningitis pada Oktober 2022 yang diprioritaskan untuk kebutuhan jemaah umrah di Tanah Air.

"Ada 250 ribu (dosis), nanti awal Oktober sudah dapat persetujuan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), baru nanti akan diberikan," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dilansir ANTARA, Kamis, 29 September.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir mengatakan penyediaan stok vaksin Meningitis di Tanah Air dilakukan secara berkala mulai bulan ini.

"Alhamdulillah, kemarin sudah datang 150 ribu dosis dan akan datang lagi secara bertahap," katanya.

Vaksin Meningitis yang telah tiba di Indonesia saat ini sedang berproses untuk mendapatkan izin rilis dari BPOM sebelum nanti diberikan kepada kelompok prioritas dari jemaah umrah.

Menurut Honesti, perusahaan BUMN yang bergerak di bidang kesehatan itu berkomitmen untuk mendatangkan total 600 ribu dosis vaksin Meningitis hingga Desember 2022.

Seluruh vaksin itu didatangkan Bio Farma dari salah satu perusahaan farmasi asal China melalui izin impor barang dari BPOM.

"Bio Farma belum memproduksi vaksin Meningitis, tapi kami kerja sama dengan produsen dari luar (impor)," katanya.

Honesti membenarkan belakangan ini terjadi kelangkaan vaksin Meningitis di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan yang mengakibatkan keluhan dari sejumlah jemaah umrah di daerah.

Kelangkaan itu dipicu karena Bio Farma dan sejumlah perusahaan rekanan di luar negeri fokus pada upaya pengendalian pandemi COVID-19.

Selain itu, kata Honesti, kelangkaan juga dipicu oleh proses distribusi dan persyaratan administrasi dari otoritas terkait.

"Kemarin memang ada kelangkaan karena memang gap time produksi cukup lama juga sekitar 5 hingga 6 bulan," katanya.

Sebelumnya, kalangan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) mengeluhkan kelangkaan vaksin Meningitis yang terjadi saat ini.

Kelangkaan itu membuat keberangkatan jemaah umrah ke Tanah Suci terhambat, sebab vaksin Meningitis menjadi persyaratan wajib yang harus dipenuhi pelaku perjalanan menuju Arab Saudi.