Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar: Begini Caranya
Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tak hanya tubuh Anda yang bersiap untuk melahirkan, tetapi juga pikiran Anda. Ada beberapa tips ibu hamil 9 bulan agar persalinan lancar.

Namun, prospek persalinan bisa tampak luar biasa, terutama jika ini adalah bayi pertama Anda, meskipun orang tua yang berpengalaman pun mungkin menghadapi banjir perasaan yang saling bertentangan. Kekhawatiran tentang rasa sakit, kelelahan, mencari bantuan, dan apakah Anda sudah cukup belajar tentang prosesnya dapat membebani Anda.

Tips Ibu Hamil 9 Bulan Agar Persalinan Lancar

Ibu Hamil (Unsplash)
Ibu Hamil (Unsplash)

Tenang, mama bantuan sedang dalam perjalanan dengan ide-ide cerdas dan mudah ini untuk membantu Anda mempersiapkan mental dan fisik untuk persalinan. Lihat dan ketahuilah bahwa menyelesaikan beberapa hal dalam daftar ini saja sudah cukup untuk membuat Anda merasa diberdayakan dan memegang kendali. Yup, Anda punya ini!

Beristirahat

Anda tidak bisa tidur nyenyak dan kemudian menariknya nanti ketika Anda lelah dari sesi makan dan bersendawa larut malam (walaupun itu akan menyenangkan!). Tetapi cukup tidur di trimester ketiga akan membantu Anda merasa beristirahat dan segar. Jadi, cobalah memukul jerami sedikit lebih awal dan tidur siang saat Anda membutuhkannya.

Makan dengan benar

Memicu tubuh Anda yang akan segera melahirkan dengan makanan sehat adalah jalan cerdas menuju kesuksesan dalam hal mempersiapkan persalinan. Saat Anda mendekati akhir kehamilan Anda, isi piring Anda dengan makanan super kehamilan yang padat nutrisi seperti daging tanpa lemak, lentil, yogurt, salmon liar, kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian.

Ambil kelas

Hal terpenting yang dapat dilakukan calon orang tua untuk mempersiapkan persalinan dan melahirkan adalah mengikuti kelas melahirkan. Pilihannya luas dan beragam, tetapi sebagian besar mencakup teknik relaksasi, cara bernapas, berbagai posisi persalinan, pilihan pereda nyeri, dan beberapa tip yang berkaitan dengan perawatan dasar bayi baru lahir. 

Anda juga akan memiliki kesempatan untuk bertemu orang baru, terhubung dengan pasangan Anda, dan mengajukan pertanyaan apa pun tentang hari besar Anda yang akan datang.

Terus bergerak

Kami tidak akan berbohong - persalinan adalah kerja keras, itulah sebabnya berolahraga secara teratur selama kehamilan membuat Anda siap untuk mengatasi tantangan ini. Dengan tetap berpegang pada rutinitas yang Anda sukai, apakah itu berjalan, berenang, kelas dansa ringan, atau yoga ringan, Anda akan meningkatkan kekuatan dan stamina Anda, dan keduanya akan berguna ketika saatnya untuk mendorong. Jika bisa, lakukan olahraga selama 30 menit setidaknya lima hari seminggu.

Fokus pada relaksasi

Jika Anda melihatnya, Anda dapat mencapainya! Mempraktikkan perhatian penuh melalui mediasi, yoga, atau pernapasan dalam dapat membantu melatih pikiran Anda untuk tetap fokus dan rileks di hari besar. Peregangan, teknik visualisasi atau hipnosis semuanya dapat digunakan untuk meredakan ketakutan dan kecemasan. Anda bahkan mungkin mempertimbangkan hypnobirthing sebagai alat relaksasi untuk digunakan selama persalinan.

Prapendaftaran dan tur

Mengisi dokumen rumah sakit yang harus Anda serahkan sebelum Anda tiba adalah pekerjaan cepat untuk menandai daftar ini. Kirimkan atau pindai kembali atau masukkan ke dalam tas yang akan Anda bawa ke rumah sakit. Ini juga merupakan ide yang baik untuk melakukan tur ke rumah sakit atau pusat bersalin, baik secara langsung atau virtual, sehingga Anda dapat membayangkan di mana Anda akan melahirkan dan mempelajari berbagai kebijakan.

Kemasi tas rumah sakit Anda

Tugas lain yang mudah dilakukan adalah mengemas tas rumah sakit sehingga siap untuk digunakan (dan menyatukannya adalah hal yang menyenangkan!). Lihat daftar praktis kami tentang barang-barang yang benar-benar harus Anda sertakan ketika Anda pergi ke rumah sakit atau pusat bersalin, serta beberapa barang lain yang bagus untuk Anda, bayi baru Anda, dan pasangan Anda.

Kumpulkan bantuan

Ciptakan sistem pendukung sebelum melahirkan dengan beberapa teman dan keluarga berbaris untuk membantu. Kapan pun Anda bisa, katakan "ya!" untuk bantuan ekstra, apakah itu tawaran untuk mengajak anjing Anda jalan-jalan, memasak makanan, atau mencuci pakaian. Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk menyewa doula, baik untuk kenyamanan dan dukungan selama persalinan atau sebagai penolong pascapersalinan.

Tulis rencana kelahiran

Meskipun tentu saja tidak wajib, membuat keinginan Anda diketahui sebelum Anda melahirkan dapat membantu Anda merasa berdaya dan siap — dan rencana kelahiran adalah tempat yang tepat untuk mengungkapkan semuanya. Dengan meletakkan pena di atas kertas, Anda dapat memberi tahu tim persalinan dan persalinan Anda bagaimana perasaan Anda tentang penghilang rasa sakit, posisi persalinan tertentu dan penggunaan IV, serta peran pasangan Anda (memotong tali pusat, menyedot, menggendong bayi).

Siapkan persediaan

Bagaimana rasanya membuka pantry dan melihat granola bar favorit Anda? Anda akan menikmati getaran menyenangkan yang sama jika Anda telah mengisi deterjen, handuk kertas, dan beberapa makanan di dalam freezer. "Bersarang," atau menimbun apa yang mungkin Anda butuhkan sebelumnya berarti lebih sedikit stres dan lebih sedikit lari ke toko - dan lebih banyak waktu untuk memeluk bayi baru Anda yang manis.

Setelah mengetahui tips ibu hamil 9 bulan agar persalinan lancar, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!