Rekam Medis Pertama Biden Sejak Terpilih: Keseleo Saat Bermain dengan Anjingnya
Presiden terpilih AS, Joe Biden (Sumber: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Joe Biden terkilir alias keseleo saat bermain dengan anjingnya. Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) mencatat rekam medis pertama sejak memenangi penghitungan suara pemilu 3 November lalu.

Biden telah berkonsultasi dengan ahli ortopedi untuk menjalani rontgen dan pemindaian tomografi komputer (CT scan). Dokter pribadi Biden menjelaskan, pria 78 tahun itu mengalami terkilir di pergelangan kaki.

Meski begitu, Biden tak mengalami patah tulang. O'Connor mengatakan Biden akan menjalani pemindaian berikutnya untuk mendapat gambaran lebih rinci.

"Foto rontgen awal meyakinkan bahwa tidak terlihat ada tulang yang patah," kata dokter pribadi Biden, Kevin O'Connor, dalam pernyataan yang dirilis kantor Biden, dikutip Senin, 30 November.

Kejadian ini menyoroti kembali seberapa prima Biden. Saat memasuki Gedung Putih pada 20 Januari nanti, Biden akan jadi Presiden AS paling tua dalam sejarah. Para analis mengatakan kesehatan Biden mungkin akan diawasi ketat oleh sekutu dan lawan-lawannya.

Lelucon Trump: Si tua Biden

Sejak awal bertarung di kontestasi pemilu, usia Biden selalu jadi lelucon kubu Trump. Di masa kampanye lalu kubu Trump membuat meme meledek Biden.

Lewat akun Instagram resminya, Trump mengunggah meme memperlihatkan kumpulan orang tua, yang salah satunya diubah menjadi wajah Biden. Di meme tersebut terdapat tulisan "Biden for President". Namun, tulisan itu juga diubah. Huruf "P" dicoret hingga tulisan berubah menjadi "Resident".

Trump kerap melempar tudingan Biden tak mampu menjalani tugas presiden. Meski sejatinya usia Trump hanya tiga tahun lebih muda --74 tahun-- dari Biden, Trump mengatakan dirinya memiliki spesimen fisik yang sempurna dan sangat muda.

Sementara Biden ia sebut sebagai orang tua yang mengantuk dan pria bodoh yang "tidak tahu di mana dia berada." Padahal Trump sendiri saat ini adalah presiden tertua yang terpilih sebagai Presiden AS.

Trump juga menyatakan bahwa Biden memiliki demensia. Klaim Trump datang setelah Biden tidak mengingat senator dari Partai Republik bernama Mitt Romney.

"Mitt tidak akan senang tentang ini! Joe juga mengatakan kemarin bahwa dia mencalonkan diri untuk Senat AS (lagi) dan benar-benar lupa di mana dia (negara bagian yang salah)," kata Trump lewat Twitter.

Trump menambahkan: Joe tidak pernah menjadi pria yang baik atau baik hati, jadi lebih mudah untuk memiliki demensia 'yang jelas dan semakin memburuk. Ini tidak dapat diterima di AS!'